Sukses

Saksikan Proses Unik Pembuatan Trofi Piala Presiden

IB Ketut Lasem mengaku sedikit kesulitan saat membuatnya.

Liputan6.com, Jakarta - Persib Bandung sukses menjuarai Piala Presiden 2015 setelah menaklukan Sriwijaya FC di final dengan skor 2-0, akhir pekan lalu. Maung Bandung berhak memperoleh hadiah sebesar Rp 3 miliar dan sebuah trofi Piala Presiden yang terbuat dari kayu.

Trofi Piala Presiden itu dibuat oleh seniman asal Bali, IB Ketut Lasem. Ia pun mulai memahat trofi itu sejak September lalu.

IB Ketut Lasem mengaku sempat kesulitan membuat trofi tersebut. Trofi yang terbuat dari kayu jati itu memiliki pola dan komposisi yang sulit ditebak. Namun akhirnya terciptalah trofi Piala Presiden dengan tinggi 50 cm dan berat 15 kg itu.

Alasan memilih membuat trofi kayu sendiri tidak lepas dari nilai-nilai yang mencerminkan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

"Pikiran itu diwujudkan menjadi nilai-nilai kebersamaan, semangat, perjuangan, kegotong-royongan, bahkan kemenangan bersama yang ada dalam sepakbola," jelas seniman patung berusia 73 tahun ini.

Berikut video proses pembuatan trofi Piala Presiden 2015:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.