Sukses

Spanyol Bawa Slovakia ke Piala Eropa 2016

Spanyol menjadi juara Grup C, sementara Slovakia menempati posisi runner-up.

Liputan6.com, Kiev - Spanyol meraih kemenangan atas tuan rumah Ukraina dalam laga pamungkas Grup C kualifikasi Piala Eropa 2016. Skuat asuhan Vicente del Bosque itu menang tipis 1-0 di NSK Olimpijs'kyj, Selasa (13/10/2015) dini hari WIB.

Hasil ini menempatkan Spanyol sebagai juara Grup C dengan poin 27. Sementara Ukraina di posisi ketiga dan masih punya kesempatan ke Piala Eropa melalui jalur play-off. Spanyol didampingi Slovakia yang disaat bersamaan menang 4-2 atas tuan rumah Luksemburg.

Meski laga ini sudah tidak berpengaruh lagi bagi Spanyol, Del Bosque tidak main-main menghadapinya. Dia memainkan Isco, Paco Alcacer, dan Nolito di lini depan. Di lini tengah ada Cesc Fabregas yang diserahi ban kapten.

Para pemain Spanyol merayakan gol Mario Gaspar ke gawang Ukraina dalam lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2016 Grup C, Selasa (13/10/2015). (Liputan6.com/REUTERS/Valentyn Ogirenko)

Spanyol memiliki peluang di menit 8 saat Fabregas mendapat umpan dari Isco. Sayang, bola tendangan Fabregas masih melayang di atas mistar gawang Ukraina. Spanyo akhirnya dapat mencetak gol di menit ke-21. Sodoran Nolito kepada Thiago Alcantara diteruskan menjadi umpan matang ke kotak penalti yang disambut tandukan Mario Gaspar. Gol! Skor 1-0 untuk Spanyol.

Tendangan penalti pemain Spanyol Cesc Fabregas digagalkan kiper Ukraina  Andriy Pyatov dalam lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2016 Grup C, Selasa (13/10/2015). (Liputan6.com/REUTERS/Gleb Garanich)

Tim Matador memiliki peluang untuk menggandakan skor tiga menit berselang. Namun, tendangan penalti Fabregas ditepis kiper Andriy Pyatov. Hingga turun minum, skor tidak berubah.

Pada babak kedua, Ukraina bermain lebih menyerang. Skuat asuhan Mikhail Fomenko ini mampu mendominasi pertandingan. Satu peluang didapat melalui Andriy Yarmolenko. Namun, bola sepakan keras kaki kiri Yarmolenko yang sudah tidak bisa digapai kiper Spanyol David de Gea masih membentur tiang gawang.

Setelah itu, sejumlah peluang kembali didapat tuan rumah. Namun, penampilan gemilang dari De Gea menggagalkan upaya Ukraina untuk mencetak gol. Hingga laga usai, skor tidak berubah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Slovakia Bungkam Luksemburg

Masih di Grup C, Slovakia sukses menaklukan tuan rumah Luksemburg di Stade Josy Barthel. Bermain tandang, Slovakia mampu mencetak tiga gol dalam 30 menit pertama. Ketiga gol itu masing-masing dicetak Marek Hamsik, Adam Nemec, dan Robert Mak.

Luksembuerg bisa memperkecil skor di menit ke-61 melalui Mario Mutsch. Eksekusi penalti Lars Gerson empat menit kemudian mengubah skor menjadi 2-3.

Pemain Slovakia Marek Hamsik merayakan gol ke gawang Luksemburg pada laga pamungkas Grup C kualifikasi Piala Eropa 2016, Selasa (13/10/2015). (Liputan6.com/REUTERS/Francois Lenoir)

Memasuki menit ke-90+1, Hamsik kembali mencatatkan namanya di papan skor. Pemain Napoli itu menuntaskan umpan Stanislav Sestak menjadi gol. Skor 4-2 untuk kemenangan Slovakia bertahan hingga laga usai. (Bog/Rco)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini