Sukses

Reuni Persib dan Mantan Ikonnya Terancam Berantakan

Eka Ramdani menyayangkan hal itu bisa terjadi saat Mitra Kukar menjamu Persib Bandung, Minggu (2/10/2015).

Liputan6.com, Jakarta Mitra Kukar akan berhadapan dengan Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (2/10/20150. Selain untuk memperebutkan tiket menuju final Piala Presiden 2015, duel ini sekaligus menjadi ajang reuni bagi motor serangan Naga Mekes Eka Ramdani, dengan mantan klubnya Maung Bandung.

Persib memang tidak bisa dipisahkan dari perjalanan karier Eka sebagai pesepakbola profesional. Pemain yang kini berusia 31 tahun tersebut bahkan sempat menjadi ikon Maung Bandung sebelum akhirnya dicap sebagai penghianat oleh para bobotoh-sebutan bagi suporter Persib Bandung. 

Kisah Eka bersama Persib dimulai pada tahun 2002. Namun hubungan tersebut berlangsung singkat. Pada musim 2003 Eka memutuskan gabung Persijatim.

Eka juga tidak betah bersama Persijatim. Setelah semusim di sana, dia pun kembali memperkuat Maung Bandung pada 2005.

Kali ini Eka bertahan lebih lama. Dia bahkan sempat dipercaya menyandang ban kapten di tim Maung Bandung.  Kesetiaan Eka bersama Persib membuatnya semakin dicintai oleh publik Jawa Barat. Namun kemesraan itu akhirnya hancur saat Eka memutuskan pindah ke Persisam Samarinda pada tahun 2011.

Bobotoh marah dan kesal atas keputusan tersebut. Terlebih Eka sudah sempat diperkenankan dalam peluncuran tim Maung Bandung. Kekesalan yang memuncak membuat Bobotoh melakukan aksi pembakaran atribut Eka dan sempat menyegel toko pakaian yang dikelolanya.

Setelah meninggalkan Persib, Eka beberapa kali bertemu dengan Persib. Namun kedatangannya bukan lagi sebagai teman, melainkan lawan. Sejak melepas kostum Maung Bandung, setidaknya sudah enam kali bertemu Persib di lapangan. Dari keenam laga itu, Eka hanya mampu merasakan tiga kemenangan. Selebihnya laga berakhir imbang dan dua lainnya kalah. Sepanjang reuni tersebut, Eka juga belum sekalipun mampu membobol gawang Maung Bandung.

Duel Minggu ini akan jadi reuni ketujuh Eka bersama Persib. Sayang, pemain yang akrab disapa Ebol tersebut berpotensi absen menghadapi Maung Bandung. Bukan karena tidak enak hati menghadapi mantan klub, tapi Eka ternyata masih berkutat dengan cedera engkel usai tampil melawan PSM Makassar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menyesal Tak Bisa Tampil

"Kemungkinan saya tidak bisa main, masih belum pulih," ucap Eka Ramdani saat dihubungi Liputan6.com.

"Sangat disayangkan memang. Tapi bukan karena lawannya Persib, tapi karena ini semifinal, dua langkah lagi ke final," tambahnya.

Meski terancam tidak bisa tampil, Eka sedikit memberi bocoran mengenai kekuatan Persib. Ia menilai performa mantan timnya saat ini sudah jauh lebih berkembang."Persib memiliki kemampuan pemain yang merata. Mereka tidak selalu mengandalkan Supardi dan Ridwan di winger dan juga tidak selalu mengandalkan Firman dan Hariono di tengah, mereka semua bisa melakukan variasi-variasi serangan," jelas Eka.

Bermain di kandang, Eka tidak ingin timnya menyia-nyiakan kesempatan. Pasalnya leg kedua akan digelar di markas Persib yang memiliki tekanan dari suporter."Kalau bisa jangan imbang, rugi kalau main di kandang imbang," tutupnya.

3 dari 3 halaman

Catatan Reuni Eka Ramdani

Berikut daftar "Reuni" Eka Ramdani dengan Persib Bandung :

17-01-2012 : Persisam 2 vs 1 Persib

06-06-2012 : Persib 0 vs 0 Persisam

13-03-2013 : Pelita Bandung Raya 1 vs 3 Persib

16-02-2014 : Persib 1 vs 2 Semen Padang

15-08-2014 : Semen Padang 3 vs 1 Persib

04-04-2014 : Persib 1 vs 0 Semen Padang

Baca Juga :

'Si Gila' Arema Paling Rajin Jebol Gawang Sriwijaya FC

MU Perang Lawan Newcastle Demi Pemain Muda Ini

Lukaku Buka Peluang Gabung MU

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.