5 Transfer "Gagal di Menit Akhir" yang Paling Populer

Oleh Defri Saefullah pada 01 Sep 2015, 21:05 WIB
Diperbarui 01 Sep 2015, 21:05 WIB
Manchester United vs Newcastle
Perbesar
David de Gea dan Anders Lindegaard nonton dari bangku penonton ( Reuters / Andrew Yates Livepic)

Liputan6.com, Manchester - Bursa transfer di Eropa sedang menggeliat.  Banyak klub yang berhasil memboyong pemain incaran di menit-menit terakhir jelang transfer ditutup.

Borussia Dortmund misalnya berhasil memboyong Adnan Januzaj dengan status pinjaman selama semusim. Lalu, Manchester United juga berhasil memboyong Anthony Martial dari AS Monaco dengan transfer 36 juta pounds.

Di luar kesuksesan memboyong pemain baru, ada pula klub yang gagal mendapatkan pemain incarannya. Yang paling terkenal yaitu kegagalan Real Madrid boyong kiper David de Gea dari MU. Meski masih terbuka peluang MU mendapatkan kiper asal Spanyol ini.

Kegagalan transfer De Gea disebabkan Madrid telat memberikan dokumen kontrak kerja kepada operator La Liga (LFP). Tapi sepanjang sejarah sepak bola dunia, ada beberapa transfer gagal yang paling populer. Apa saja? Berikut rinciannya:

2 dari 6 halaman

1

10 Pencetak Gol Terbanyak Piala Dunia Dari Masa Ke Masa
Perbesar
Gabriel Batistuta dari Argentina. Ia mencetak 10 gol selama mengikuti Piala Dunia tahun 1994, 1998 dan 2002 (Istimewa)

1.Gabriel Batistuta ke Liverpool, MU dan Rangers

Gabriel Batistuta, legenda sepak bola Argentina beberapa kali nyaris hijrah ke Liga Inggris. Dia kerap dihubungkan dengan Liverpool, MU dan Rangers.

Paling akhir, Batigol, julukannya dihubungkan dengan transfer ke MU karena permintaan manajer Alex Ferguson. Sayang, transfer ini batal terjadi karena bos MU Martin Edwards takut kehadiran Batigol rusak struktur gaji di MU.

3 dari 6 halaman

2

Ronaldinho
Perbesar
Ronaldinho (AFP)

2. Ronaldinho ke St Mirren dan MU

Eks bintang Barcelona, Ronaldinho tak disangka pernah tersangkut transfer aneh yaitu ke klub Skotlandia, St Mirren 2001 lalu. Gara-gara paspor palsu, Ronaldinho gagal gabung St Mirren sebelumnya diboyong PSG.

Lalu, Ronaldinho juga digosipkan gabung MU pada 2003 lalu. MU terlalu pelit dan akhirnya Ronaldinho "diserobot" Barcelona dengan transfer 30 juta euro.

4 dari 6 halaman

3

Gianluca Vialli
Perbesar
Gianluca Vialli (AFP PHOTO Hoang Dinh NAM)

3.Gianluca Vialli ke Rangers

Gianluca Vialli sempat hebohkan jagat transfer karena nyaris gabung Glasgow Rangers pada 1996 lalu.  Itu terjadi beberapa bulan setelah Juventus juara Liga Champions.

Vialli saat itu memang sedang berstatus bebas transfer. Tapi Vialli tiba-tiba menolak gabung Rangers. Dia memilih untuk hengkang ke Chelsea.

5 dari 6 halaman

4

Manchester United vs Club Brugge
Perbesar
Ekspresi Wayne Rooney setelah mencetak gol kedua ke gawang Club Brugge. Kamis (27/8/2015) dini hari WIB. (Action Images via Reuters/Carl Recine))

4. Wayne Rooney ke Newcastle United

Sebelum gabung dengan MU pada 2004 lalu, Rooney sebenarnya nyaris gabung klub rival Newcastle United yang menawar dengan transfer 20 juta pounds.

Everton menolak tawaran itu dan datanglah tawaran fantastis dari MU. "Setan Merah" berhasil boyong Rooney dengan transfer 26 juta pounds.

6 dari 6 halaman

5

Ricardo Kaka
Perbesar
Orlando City SC midfielder Kaka celebrates after scoring a goal against the Montreal Impact during the first half at the Olympic Stadium. Mandatory Credit: Eric Bolte-USA TODAY Sports

5. Kaka ke Manchester City

Di musim terakhir bersama Milan, Kaka kencang digosipkan gabung Manchester City pada 2009 lalu. City siap memboyong Kaka dengan transfer 100 juta pounds.

Sayang, Milan malah berubah pikiran sehari kemudian. Milan malah menjualnya ke Real Madrid dengan transfer 70 juta euro. Ini membuat CEO City, Gary Cook mencak-mencak. (Def/Ary)


Lanjutkan Membaca ↓