Sukses

Menanti Duel Lin Dan dan Lee Chong Wei

Lin Dan dan Lee Chong Wei diperkirakan bertemu di semifinal Total BWF World Championships 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Para penikmat bulu tangkis dunia masih menunggu duel klasik dua tunggal putra terbaik dunia, yakni Lin Dan (Tiongkok) dan Lee Chong Wei (Malaysia). Meski persaingan keduanya sudah berlangsung sejak 2000-an, hingga kini duel mereka masih sangat menarik untuk ditonton.

Pada ajang Total BWF World Championships 2015 yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Chong Wei diperkirakan bertemu musuh bebuyutannya tersebut di semifinal. Kedua pemain senior ini memang sudah tidak berada di puncak kariernya. Lin Dan sering absen ikut turnamen usai Olimpiade London 2012. Chong Wei baru saja melewati larangan bertanding delapan bulan dari BWF setelah kasus doping yang menimpanya.

Pebulutangkis unggulan kelima, Lin Dan (Tiongkok) berusaha mengembalikan bola ke Sattawat Pongnairat (USA) di Total BWF Championships 2015, Jakarta, Selasa (11/8/2015). Lin Dan unggul 21-8, 21-11 atas Sattawat Pongnairat. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

"Saya rasa dengan kembalinya Chong Wei dapat memberikan nuansa tersendiri pada kejuaraan ini. Persaiangan di kejuaraan ini akan semakin sengit," kata Lin Dan.

"Tentunya saya menantikan pertemuan dengan Chong Wei di semifinal. Apalagi melihat usia kami saat ini, kesempatan untuk bertemu sangat sedikit. Saya akan senang jika bisa bermain dengan Chong Wei lagi," tambah peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 dan Olimpiade London 2012 itu.

Sementara itu, Chong Wei mengatakan: "Teman-teman semua menantikan pertemuan saya dengan Lin Dan. Mungkin kami akan bertemu di semifinal. Namun saya mau fokus di tiap pertandingan dulu."

"Saya akan memberikan yang terbaik. Saya memang sering menang di Istora, namun saya tidak mau memikirkan ini, tapi lebih konsentrasi ke penampilan dan lawan-lawan saya."

Lin Dan melewati babak pertama Total BWF World Championships 2015 dengan mengalahkan Sattawat Pongnairat (Amerika Serikat) dengan skor 21-8 dan 21-11. Sedangkan Lee Chong Wei meraih kemenangan atas Kestutis Navickas (Lithuania), 21-9 dan 21-13.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekor Pertemuan Dipegang Lin Dan

Hingga kini, rekor pertemuan masih dipegang Lin Dan dengan kedudukan 24-9. Namun, due keduanya selalu berlangsung sengit. Laga terakhir mereka terjadi di Asian Games Incheon 2014. Saat itu, Lin Dan menang rubber game, 22-20, 12-21, dan 21-9.

Namun, duel dramatis terjadi di final BWF World Championships 2013 yang berlangsung di Guangzhou, Tiongkok. Saat itu, Chong Wei begitu berambisi meraih gelar juara dunia yang belum pernah sekalipun disandangnya. Namun, Lin Dan yang sudah lima kali juara dunia tak mau kalah dan tetap ngotot ingin merebut kembali gelar itu.

Lee Chong Wei (espn)

Saat tertinggal 17-20, Chong Wei meminta pertolongan dokter pertandingan. Ia mengalami dehidrasi karena pendingin ruangan di Tianhe Indoor Stadium sempat mati. Menunjukkan simpatinya, Lin Dan kala itu sempat menghampiri Chong Wei yang terduduk lemah di pinggir lapangan. Padahal, seorang pemain dilarang memasuki area pertahanan lawan hingga pertandingan selesai.

Tak sanggup melanjutkan perjuangan, Chong Wei ditandu keluar lapangan dan gelar juara dunia gagal digenggamnya. (Bog/Ian)

Baca juga:

8 Fakta Piala Super Eropa Barcelona vs Sevilla

Terancam Kehilangan Stones, Everton Murka

Neymar Kena Penyakit Gondok, Bahayakah?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.