Sukses

Pemain Muda Indonesia di Qatar Diundang Jajal Klub-klub Eropa

Andri Syahputra pernah menimba ilmu di Stuttgart, Villarreal, dan Barcelona.

Liputan6.com, Doha - Meniti karier sepak bola di Qatar, Andri Syahputra memiliki kesempatan menjajal klub-klub Eropa. Andri pun bersyukur memperoleh pengalaman berharga dengan trial serta berlatih bersama dengan klub-klub Eropa.

Seperti diketahui, Andri menjadi bagian dari Aspire Academy, yang tak lain merupakan tempat berkumpulnya pemain-pemain berbakat dari klub-klub di Qatar. Adalah Aspire Academy yang mengirim para pemain terpilih untuk trial ke Negara-negara Eropa seperti, Jerman, Spanyol, Belgia, Turki, atau Italia.

Andri Syahputra, pemain muda Indonesia yang merumput di Qatar (Istimewa)

"Biasanya hanya tiga pemain terpilih dari Aspire Academy yang dikirim untuk trial ke Eropa, dan kebetulan Andri sering terpilih," ungkap ayah Andri, Agus Sudarmanto, saat berbincang dengan Liputan6.com.

"Di Jerman Andri berlatih bersama Stuttgart, di Spanyol dengan Villarreal, sempat juga dengan Barcelona. Lalu ke Belgia dan nanti rencananya ke Italia," lanjutnya.

Andri Syahputra, pemain muda Indonesia yang merumput di Qatar (Istimewa)

Kemudian, Andri bercerita betapa banyak pelajaran yang dia bisa ambil dari trial-nya ke klub-klub Eropa. Setiap negara yang dikunjungi selama trial, Andri mengaku memperoleh ilmu baru demi memperbaiki kemampuannya di atas lapangan hijau.

Lanjut ke halaman berikutnya>>>

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

Pengalaman berlatih di Jerman menjadi yang paling berkesan, karena sedikit berbeda dari Negara-negara Eropa lainnya. Biasanya, Andri dan rekan-rekannya dari Aspire Academy menghabiskan waktu dua minggu atau lebih saat menjalani trial di Eropa.

"Waktu berlatih di Jerman, pemain yang banyak unjuk skill individu biasanya tak laku. Waktu di Stuttgart, saya belajar organisasi tim, bermain secara tim, kerjasama lebih dikedepankan," kata Andri.

Andri Syahputra, pemain muda Indonesia yang merumput di Qatar (Istimewa)

"Di Spanyol, Villarreal, teman-teman setimnya cocok. Pelatih-pelatihnya juga memberi pengalaman yang berbeda dengan ketika di Jerman atau negara lain," sambungnya.

Andri sendiri saat ini baru menginjak usia 16 tahun dan tergabung dengan klub Qatar, Al Gharafa. Kendati telah tinggal di Qatar sejak 2006, hingga saat ini, Andri masih berstatus WNI (Warga Negara Indonesia).

Baca juga:

GP Jerman dalam Angka: Rossi dan Pedrosa Bisa Cetak Rekor

Perut dan Otot Ronaldo 'Menari-nari' di Video Ini

Martunis Tertarik Jadi Warga Negara Portugal

6 Winger Ini Bisa Gantikan Posisi Angel Di Maria di MU

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini