Sukses

7 Data dan Fakta Menarik Pasca Chile Juara Copa Amerika 2015

Chile menang 4-1 dalam drama adu penalti melawan Argentina di final Copa Amerika 2015.

Liputan6.com, Santiago - Chile sukses merengkuh trofi Copa Amerika 2015 setelah menaklukkan Argentina dengan skor 4-1 dalam drama adu penalti dini hari tadi. Ini merupakan trofi perdana La Roja di kompetisi resmi.

Bermain imbang 0-0 hingga perpanjangan waktu, laga akhirnya dilanjutkan dengan adu penalti. Keempat eksekutor tuan rumah yakni Matias Fernandez, Arturo Vidal, Charles Aranguiz dan Alexis Sanchez menjalankan tugasnya dengan baik.

Sementara dua algojo Tim Tango, yakni Gonzalo Higuain dan Ever Banega gagal menjalankan tugasnya. Tendangan Higuain melambung jauh di atas mistar, sementara sepakan Banega sukses digagalkan Claudio Bravo.

Lalu apa saja data dan fakta menarik laga tersebut. Berikut rangkumannya seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Chile menjadi juara Copa Amerika setelah bermain dalam 173 laga di kompetisi itu.

2. Javier Mascherano menjadi satu-satunya pemain yang selalu kalah dalam tiga kali final Copa Amerika. Yakni tahun 2004, 2007, dan 2015.

3. Arturo Vidal sukses melepaskan dua tendangan ke arah gawang dalam laga ini. Jumlah ini sama dengan seluruh tendangan ke arah gawang pemain Argentina sepanjang laga.

4. Argentina menjadi tim pertama yang gagal dalam final Piala Dunia dan final Copa Amerika secara beruntun.

5. Chile sukses menguasai bola hingga 57,7 persen di laga ini. Padahal Argentina tak pernah kalah dalam penguasaan bola sebelum laga final.

6. Argentina menjadi satu-satunya tim yang gagal dalam dua kesempatan adu penalti di final Copa Amerika. Sebelumnya mereka kalah dari Brasil tahun 2004.

7. Laga Chile vs Argentina merupakan laga dengan akurasi umpan tertinggi di babak pertama Copa Amerika sejak tahun 1993. Yakni mencapai 84,43 persen. (Vid / Def)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini