Dibantai Vietnam 0-5, Timnas U-23 Gagal Sabet Perunggu

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 15 Jun 2015, 14:50 WIB
Indonesia vs Vietnam di perebutan medali perunggu sepak bola SEA Games 2015 Singapura

Liputan6.com, Singapura - Vietnam mengubur mimpi Timnas Indonesia U-23 untuk meraih medali perunggu di ajang SEA Games 2015 cabang olahraga sepak bola. Vietnam menang 5-0 atas Indonesia dalam pertandingan yang digelar di National Stadium, Senin (15/6/2015) siang WIB.

Vietnam memberikan tekanan terlebih dahulu. Pada menit kelima, Vo Huy Toan melepaskan tendangan kaki kanan dari dalam kotak penalti Garuda Muda. Bola mendatar hasil sepakannya masih bisa ditangkap Teguh Amiruddin.

Lima menit kemudian, Indonesia melakukan serangan balasan. Berawal dari eksekusi tendangan sudut Adam Alis, bola berhasil disundul oleh Agung Prasetyo. Namun, akurasi sundulannya masih tidak menemui sasaran.

Pada menit ke-12, Hansamu Yama Pranata menyentuh bola dengan tangannya di dalam kotak penalti. Wasit pun menunjuk titik putih. Mac Hong Quan menjadi eksekutor. Dia mengirim bola ke pojok kiri bawah gawang Indonesia, Teguh Amiruddin bergerak ke arah sebaliknya.

Indonesia vs Vietnam di perebutan medali perunggu sepak bola SEA Games 2015 Singapura (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Delapan menit kemudian, Vietnam menggandakan keunggulan atas Indonesia. Mendapat umpan terobosan, Vo Huy Toan melepaskan tendangan yang tidak bisa dihentikan Teguh Amiruddin.

Hingga menit ke-30, tim asuhan Aji Santoso itu belum bisa mengembangkan permainan. Manahati Lestusen dan kawan-kawan malah sering melakukan kesalahan sendiri. Tidak adanya Evan Dimas membuat lini tengah Garuda Muda tidak dipenuhi kreatifias.

Pada menit ke-39, Nufiandani melepaskan umpan terobosan ke sisi kanan pertahanan Vietnam. Muchlis Hadi yang menerima bola menggiringnya hingga ke dalam kotak penalti Vietnam. Muchlis pun menyepak bola, tapi usahanya masih melebar di sebelah kanan gawang Phi Minh Long.

SEA Games 2015: Vietnam U-23 vs Indonesia U-23 (Liputan6.com / Helmi Fithriansyah)

Vietnam mengoyak gawang Indonesia lagi pada menit ke-40. Vo Huy Toan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Bola yang mengarah pojok kiri atas gawang Indonesia tanpa bisa dihentikan Teguh.

Tiga menit berselang, gawang Indonesia hampir saja bergetar lagi. Memanfaatkan bola liar di luar kotak penalti Garuda Muda, Nguyen Cong menyepak bola dengan kaki kanannya. Bola hasil sepakan kerasnya masih melebar tipis di sebelah kiri gawang Indonesia.

Pada masa injury time babak pertama, Vietnam mencetak gol keempat. Memanfaatkan umpan terobosan lambung, Nguyen Huu Dung menyambar bola dengan kaki kanannya. Teguh kembali memungut bola dari gawangnya.

Hingga babak pertama berakhir, Vietnam sudah unggul telak 4-0 atas Indonesia.

Baca ulasan babak kedua di halaman selanjutnya --->

2 of 2

2

Sudah unggul empat gol membuat permainan Vietnam lebih santai. Mereka baru mendapat peluang pertama di babak kedua pada menit ke-54. Nguyen Cong melepaskan tendangan jarak jauh dengan kaki kanannya. Namun usaha dia tidak menemui sasaran.

Garuda Muda coba mengembangkan permainan setelah Vietnam mengendurkan serangan. Namun sayangnya, hingga menit ke-60 serangan Timnas U-23 yang dimotori oleh Adam Alis belum bisa membahayakan gawang Phi Minh Long.

Empat menit kemudian, Aji Santoso mengeluarkan Wawan Pebriyanto dan digantikan oleh Ilham Udin. Namun, pergantian tersebut tampaknya tidak terlalu efektif.

Indonesia vs Vietnam di perebutan medali perunggu sepak bola SEA Games 2015 Singapura (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Menit ke-70, Vietnam mencetak gol kelima. Berawal dari tendangan sudut, Do Duy melepaskan tendangan voli yang dibelokkan oleh Que Ngoc Hai. Teguh pun tidak bisa menangkap sepakan kapten Vietnam tersebut.

Delapan menit kemudian, Muchlis Hadi Ning punya peluang emas untuk menciptakan gol. Lolos dari jebakan off side, dia tinggal berhadapan dengan Phi Minh, tapi sayangnya Muchlis kurang tenang dalam melakukan penyelesaian akhir.

Hingga pertandingan berakhir, skor 5-0 untuk kemenangan Vietnam. Mereka pun berhasil menyabet medali perunggu SEA Games 2015 dari cabang olahraga sepak bola. (Cak/Ary)

Susunan pemain

Vietnam: Phi Minh Long, Nguyen Huu, Pham Manh, Nguyen Minh, Nguyen Cong, Do Duy, Que Ngoc, Hong Quan, Tran Phi Son, Nguyen Thanh, Vo Huy

Indonesia: Teguh Amiruddin, Abduh Lestaluhu, Zalnando, Ahmad Nufiandani, Muchlis Hadi, Wawan Pebriyanto, Manahati Lestusen, Agung Prasetyo, Hansamu Yama, Adam Alis, Zulfiandi

Lanjutkan Membaca ↓