Sukses

PSSI Dibekukan, ISL Disupervisi KONI/KOI

Persiapan Timnas Sepak Bola Indonesia jelang SEA Games 2015 juga akan tetap berjalan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah resmi membekukan Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI). Meski demikian, kompetisi Indonesia Super League (ISL) masih tetap diperbolehkan digelar.

"Seluruh pertandingan Indonesia Super League/ISL 2015, Divisi Utama, Divisi I, II, dan III tetap berjalan sebagaimana mestinya," tulis keputusan Kemenpora.

Namun, kini perhelatan ISL akan disupervisi. "Dengan supervisi KONI dan KOI bersama Asprov PSSI dan Klub setempat."

Saat ini, perhelatan ISL (yang kini berganti nama menjadi QNB League) sedang dihentikan sementara. Penghentian dilakukan lantaran Arema Cronus dan Persebaya Surabaya tetap diikutsertakan dalam kompetisi. Padahal BOPI sudah merekomendasi agar kedua tim dicoret.

Selain itu, persiapan Timnas Sepak Bola Indonesia jelang SEA Games 2015 juga akan tetap berjalan. "Dalam hal ini Pemerintah bersama KONI dan KOI sepakat bahwa KONI dan KOI bersama Program Indonesia Emas (PRIMA) akan menjalankan persiapan Tim Nasional."

Pembekuan PSSI ini mulai berlaku pada 17 April 2015. Pertimbangannya, bahwa secara de facto dan de jure sampai dengan tenggat batas waktu yang telah ditetapkan PSSI nyata-nyata secara sah dan meyakinkan telah terbukti mengabaikan dan tidak mematuhi kebijakan Pemerintah melalui tiga teguran tertulis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini