Kejar Poin, PB ISSI Gelar ASEAN Cup

Oleh Defri Saefullah pada 18 Apr 2015, 00:15 WIB
Diperbarui 18 Apr 2015, 00:15 WIB
Etape I International Tour de Banyuwangi Ijen Milik Kyosuke Takei
Perbesar
Kyosuke Takei mengangkat tangan saat melintasi garis finis etape I balap sepeda International Tour de Banyuwangi Ijen, (16/10/2014). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta: PB ISSI bakal menggelar kejuaraan balap sepada ASEAN Cup 2015 di Yogyakarta, 24-26 April mendatang. Ajang yang didukung federasi balap sepeda internasional (UCI) tersebut hanya memperlombakan satu nomor, yaitu BMX.

Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari mengatakan, sebenarnya semua negara Asia Tenggara diundang untuk meramaikan kejuaraan tersebut. Namun hingga Jumat kemarin, baru empat negara yang sudah konfirmasi yaitu Indonesia, Filipina, Malaysia dan Thailand.

 "Kami inginnya semua negara ASEAN ikut, tapi baru empat yang konfirmasi. Mungkin ini program baru, sehingga perlu komunikasi lebih lanjut dengan negara-negara lain," ujar Raja Sapta Oktohari usai dilantik sebagai ketua umum PB ISSI periode 2015-2019 di Gedung Serbaguna, Jakarta, Jumat (17/4).

Menurut Okto, ajang ASEAN Cup digelar untuk menaikkan poin para pembalap negara-negara Asia Tenggara. Dia mengaku sedih lantaran setiap kali ada Olimpiade maupun kejuaraan dunia lain, hanya negara Asia Timur yang lolos, seperti Korea Selatan, Jepang dan Tiongkok. Sedangkan negara ASEAN jarang mengirim wakilnya.

"Mengapa saat Olimpiade, Korea, Jepang dan Tiongkok sering masuk, karena mereka lebih rutin mengikuti kejuaraan sehingga membuat poin negara banyak," terangnya.

Okto berharap ajang tersebut bisa digelar empat kali dalam satu tahun dengan berpindah-pindah negara. "Kita berkepentingan menambah poin. Saya sudah bilang ke UCI dan teman-teman di ASEAN bahwa kejuaraan ini sangat penting," imbuhnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


2

Di luar itu, Okto tak mau memikirkan polemik soal dualisme di tubuh PB ISSI. Seperti diketahui, Edmound Simorangkir juga mengklaim sebagai pemimpin di PB ISSI. Namun, Raja Okto hanya akan fokus kepada pembinaan prestasi atlet.

 "Kita akan fokus ke itu. Kalau ada yang klaim terhadap PB ISSI, kita anggap itu orang yang peduli pada balap sepeda. Maka mereka akan kami ajak bergabung," jelasnya.

Selain itu, selama memimpin PB ISSI, Okto akan kembali mengaktifkan Tour de ISSI dan Tour de Indonesia. Kejuaraan tersebut sempat vakum lantaran induk organisasi balap sepeda dilanda dualisme kepengurusan sejak tiga tahun lalu. "Untuk Tour de ISSI akan kami kemas dalam bentuk Pra-PON tahun ini. Sedangkan Tour de Indonesia mudah-mudahan tahun depan bisa diselenggarakan," tandasnya.

Baca Juga:

Juergen Klopp Tinggalkan Dortmund, 5 Klub Ini Siap Tampung

Lawan Tim Besar, Luis Suarez Lebih Ganas

Fans Madrid Inginkan Bale Jadi Bek Kiri

Mourinho: Louis van Gaal Bos Saya

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya