Sukses

10 Pesepak Bola yang Lihai Diving

Wakil Presiden FIFA, Jim Boyce menegaskan praktik diving atau berpura-pura jatuh sebagai kanker dalam sepak bola.

Liputan6.com, Jakarta - Aksi diving adalah salah satu tindakan tak sportif di sepak bola. Tapi, ada saja pesepak bola yang gemar 'menyelam' di lapangan demi mendapatkan hadiah penalti, tendangan bebas, bahkan membuat pemain lawan diganjar kartu merah.

Setiap klub sepak bola pasti mengincar kemenangan saat bertanding. Dan untuk merengkuh hasil positif tersebut, seluruh daya dan upaya dikerahkan. Sayangnya, cara-cara curang masih dilakukan demi menjadi sang pemenang, salah satunya adalah diving.

Aksi 'menyelam' yang dilakukan para aktor lapangan hijau terkadang membuat semua pihak geram. Manajer Arsenal, Arsene Wenger menyebut pemain yang gemar diving harus mendapatkan hukuman berat.

Tak hanya itu, Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) juga turut buka suara terkait aksi tipu-tipu sejumlah pemain. Wakil Presiden FIFA, Jim Boyce menegaskan praktik diving atau berpura-pura jatuh sebagai kanker dalam sepak bola.

Berikut ini adalah 10 pesepak bola yang lihai melakukan aksi diving. Bahkan saking lihainya, wasit yang merupakan sang pengadil di lapangan sampai mampu dikelabui. Siapa saja mereka? Simak ulasannya di halaman berikut --->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1.

Sergio Busquets

Penggawa timnas Spanyol ini adalah salah satu gelandang bertahan terbaik di dunia. Berkat skill mengolah bolanya yang luar biasa, Busquets berhasil merasakan berbagai gelar, termasuk titel La Liga Spanyol, Liga Champions hingga trofi juara Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012.

Sayang, dibalik kemampuannya tersebut, Busquets adalah salah satu pemain yang gemar melakukan diving. Salah satu aksi 'menyelam' nya yang paling fenomenal adalah di pertandingan leg kedua semifinal Liga Champions musim 2010 kontra Inter Milan. Ketika mendapatkan hantaman dari Thiago Motta, Busquets menutupi wajahnya untuk menunjukkan ekspresi kesakitan.

Tapi rupanya itu hanya bagian dari 'akting'. Pemain jebolan akademi La Masia ini mengintip dari sela-sela jari apakah aksi teaktrikal nya tersebut sukses mengelabui wasit. Rupanya, rencana tipu-tipu Busquets berjalan sukses. Motta mendapat kartu kuning kedua dan Inter harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-28.

3 dari 11 halaman

2.

Dani Alves

Alves merupakan salah satu bek kanan terbaik di dunia. Pemain 31 tahun tersebut tidak hanya apik dalam bertahan tapi juga ketika membantu serangan. Bahkan, Alves telah mendulang 20 gol dari 327 penampilannya bersama Barcelona. Dia juga sukses membawa El Barca merengkuh 16 gelar juara.

Meski bermain gemilang, tapi Dani Alves juga dikenal sebagai tukang diving. Aksi teaktrikal nya yang paling diingat adalah pada laga El Clasico tahun 2011 lalu. Dalam pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions 2010/11 tersebut, Alves mengerang kesakitan setelah kaki kanannya dihantam Pepe.

Tapi pada kenyataannya, terjangan Pepe sama sekali tak mengenai kaki Alves. Akan tetapi, wasit Wolfgang Stark justru menilai Pepe melakukan pelanggaran keras. Tanpa ampun, Stark mengganjar bek Los Blancos itu kartu merah.

4 dari 11 halaman

3.

Fernando Torres

Dalam beberapa musim terakhir ketajaman mantan pemain Liverpool ini mulai menurun. Memburuknya performa Torres terkadang diiringi dengan beberapa aksi diving yang dilakukan.

Salah satu aksi 'menyelam' di lapangan yang diperlihatkan penyerang 30 tahun tersebut adalah saat Chelsea menelan kekalahan 2-3 atas Manchester United pada 28 Oktober 2012 lalu. Torres terlihat seperti dijegal Jonny Evans.

Padahal, benturan kaki keduanya sama sekali tidak maksimal. Alhasil, wasit Mark Clattenburg langsung menghadiahkan Torres kartu kuning kedua dan harus meninggalkan lapangan pada menit ke-68.

5 dari 11 halaman

4.

Ashley Young

Pemain yang satu ini memang dikenal tukang diving. Young kerap berpura-pura terjatuh saat berduel dengan pemain lawan di dalam kotak penalti. Terakhir kali dia melakukan diving adalah dalam laga kontra Sunderland pada 24 Agustus tahun lalu.

Dalam partai yang berakhir imbang 1-1 tersebut, Young terlihat dijegal Wes Brown di kotak penalti. Akan tetapi, benturan kaki keduanya terbilang cukup minim. Tak pelak, wasit Martin Atkinson langsung menghadiahi gelandang asal Inggris tersebut kartu kuning.

Meski kerap menipu wasit dengan aksi teatrikal nya, namun Young tetap lah salah satu pemain penting di skuat Setan Merah. Satu gol nya ke gawang Newcastle United pada 4 Maret lalu sukses membawa MU memetik kemenangan 1-0 di laga pekan ke-28 Liga Primer Inggris.

6 dari 11 halaman

5.

Oscar

Gelandang timnas Brasil ini adalah salah satu pengatur serangan Chelsea. Gol serta assistnya kerap mengantarkan The Blues memetik kemenangan. Meski kerap tampil ciamik di lapangan, tapi Oscar juga dikenal sebagai salah satu pemain yang suka melakukan diving.

Salah satu aksi 'menyelam' Oscar di lapangan yang selalu diingat adalah ketika Chelsea menang 3-0 atas Southampton di laga lanjutan Liga Premier Inggris musim lalu. Tinggal berhadapan satu lawan satu, Oscar berhasil mengecoh kiper Southampton, Kelvin Davis.

Akan tetapi, bukannya melesatkan bola ke dalam gawang yang sudah kosong, gelandang asal Brasil itu justru menjatuhkan diri di dalam kotak penalti. Beruntung, wasit Martin Atkinson yang memimpin jalannya pertandingan tak terkecoh. Oscar pun diganjar kartu kuning.

7 dari 11 halaman

6.

Luis Suarez

Kemampuan Suarez dalam membobol gawang lawan memang tak perlu diragukan lagi. Musim lalu saja, dia sukses mencetak 31 gol dari 37 pertandingan bersama Liverpool. Namun, sejalan dengan kemampuan mengolah bola yang luar biasa, Suarez juga dikenal sebagai raja diving.

Berbagai aksi diving fenomenal pernah dilakukan penyerang berjuluk El Pistolero tersebut, mulai dari saat membela Ajax Amsterdam, bersama Liverpool maupun ketika berseragam timnas Uruguay.

Aksi teaktrikal Suarez yang cukup unik adalah ketika menghadapi Stoke City di Liga Premier Inggris musim 2012/13. Dikepung tiga pemain bertahan Stoke, Suarez terjungkal dengan sendirinya tanpa ada kontak fisik dengan lawan.

8 dari 11 halaman

7.

Wayne Rooney

Penggawa timnas Inggris ini adalah salah satu bomber paling produktif di Manchester United. Selama hampir 11 musim membela Setan Merah, Rooney telah mencetak 229 gol dari 471 pertandingan di seluruh ajang kompetisi.

Akan tetapi, Rooney tak selamanya sempurna. Penyerang 29 tahun itu dikenal sebagai pemain yang gemar diving. Terakhir kali Rooney melakukan diving adalah saat MU menang 3-1 atas Preston North End di putaran kelima Piala FA, 16 Februari lalu.

Rooney tampak dijegal kiper Preston, Thorsten Stuckmann di kotak terlarang. Namun dari tayangan ulang terlihat jika kaki Stuckmann sama sekali tidak menyentuh kaki Rooney. Meski jelas diving, namun wasit berpendapat lain. Wasit Phil Dowd yang memimpin jalannya pertandingan memberi MU hadiah penalti, sementara Stuckmann mendapat kartu kuning.

9 dari 11 halaman

8.

Gareth Bale

Sejak memutuskan hijrah ke Real Madrid pada musim panas 2013, karier Bale terus melesat bak roket. Gelandang timnas Wales ini berhasil membawa El Real menjuarai Copa del Rey, Liga Champions, Piala Super Eropa, serta Piala Dunia Antarklub.

Kendati lihai dalam mengolah si kulit bundar, namun Bale adalah salah satu bintang lapangan hijau yang mudah jatuh. Salah satu aksi diving mantan winger Tottenham Hotspur ini adalah saat Madrid memetik kemenangan 7-3 atas Sevilla di laga lanjutan La Liga Spanyol musim lalu.

Bale tampak dijatuhkan dua pemain bertahan Sevilla di dalam kotak penalti. Namun dari tayangan ulang jelas terlihat jika kontak antara Bale dengan bek Sevilla sangat minim. Untungnya wasit yang memimpin jalannya pertandingan tidak memberikan penalti kepada El Real terkait aksi 'menyelam' yang dilakukan pemain termahal di dunia itu.

10 dari 11 halaman

9.

Neymar

Penyerang 23 tahun tersebut adalah salah satu pilar penting timnas Brasil dan Barcelona. Neymar mampu mencetak gol penting buat tim Samba maupun Los Cules. Namun begitu, Neymar merupakan pemain yang juga dikenal dengan kemampuan 'menyelam' nya di lapangan.

Bahkan, pemain bernomor punggung 11 ini terlibat keributan dengan salah seorang fans Manchester City di pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions, 25 Februari lalu, karena diejek sebagai tukang diving.

Tak terima, Neymar sampai mengajak sang suporter untuk berduel. Beruntung, keributan keduanya tidak berlanjut karena segera dilerai oleh petugas.

11 dari 11 halaman

10.

Cristiano Ronaldo

Sederet gelar juara pernah diraih CR7, baik itu bersama klub maupun di level individu. Tak hanya itu, kapten timnas Portugal ini juga berhasil menorehkan berbagai rekor gemilang. Teranyar adalah meraih predikat pencetak gol terbanyak di Kejuaraan Eropa dengan 78 gol.

Menyandang status sebagai salah satu pemain terbaik di dunia, Ronaldo juga dilabeli sebagai raja diving. Aksi teaktrikal nya di lapangan sudah dilakukan semasa membela Manchester United, Real Madrid, maupun dengan seragam timnas Portugal.

Sudah banyak pemain lawan yang mendapatkan kartu kuning atau hadiah penalti yang diberikan terkait aksi 'menyelam' yang dilakukan Ronaldo. Terakhir kali CR7 melakukan diving adalah saat Madrid menang 3-0 atas Celta Vigo di ajang La Liga musim ini pada 6 Desember tahun lalu.

Kejadiannya berlangsung pada menit ke-33. Ketika itu, mantan kekasih Irina Shayk tersebut beradu lari dengan Jonny Castro memasuki kotak penalti. Bek Celta itu memang mendorong Ronaldo. Tapi, kontak yang dilakukannya cukup minimal. Selain itu, Ronaldo jatuh sesaat setelah terbebas dari Castro.

Sayang, wasit yang memimpin jalannya laga tak terlalu jeli. Madrid pun mendapatkan hadiah penalti, sedangkan Castro diganjar kartu kuning.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.