Sukses

Piala Dunia 2022 Digelar November, FIFA Beri Klub Kompensasi

FIFA bakal menyiapkan dana Rp 2,7 Triliun bagi klub yang mengirimkan pemainnya membela timnas yang main di Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Nyon: FIFA sepakat memberi kompensasi sebesar 142 juta pounds (Rp 2,7 Triliun) kepada klub-klub yang melepas pemainnya untuk Piala Dunia 2022 Qatar nanti. Ini karena Piala Dunia 2022 ditetapkan bakal digelar November hingga Desember 2022.

Seperti dilansir Sky Sports, kesepakatan ini tercapai setelah FIFA jumpa dengan Asosiasi Klub Eropa (ECA) pada Jumat (20/3/2015). Uniknya, kompensasi sebesar ini juga bakal diberikan untuk klub pada Piala Dunia Rusia 2018.

Pada Piala Dunia 2014 Brasil lalu, FIFA memberi kompensasi sebesar 47,5 juta pounds untuk klub atau sebesar Rp 921 miliar bila dikurs ke mata uang rupiah. Sedangkan Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, FIFA memberikan uang kompensasi pada klub sebesar 27,13 juta pounds (Rp 529 miliar).

"Kompensasi ini bakal menguntungkan klub seluruh dunia yang menyumbangkan pemainnya di Piala Dunia," ujar Chairman ECA, Karl-Heinz Rummenige."Bagi kami di ECA, kesepakatan ini merupakan keberhasilan yang besar. Ini menandakan era baru untuk klub sepak bola."

Seperti diketahui, perhelatan Piala Dunia 2022 terpaksa digeser ke akhir tahun. Opsi itu diambil menyusul tempratur tinggi di Qatar pada pertengahan tahun. Dikhawatirkan, bermain di tengah suhu tinggi dapat mengganggu kesehatan pemain.

Namun, pergeseran agenda tersebut bertabrakan dengan jadwal mayoritas liga-liga Eropa seperti Inggris, Spanyol dan Italia. Khusus Inggris, Premier League sedang sibuk-sibuknya karena memasuki pertengahan musim.

Baca Juga:

Deretan Pemain Termahal PSG, Siapa Saja Mereka?

"Tiru Gaya Kontra Tottenham, MU Bawa Pulang 3 Poin dari Anfield"

Cadangkan Sturridge, Cara Jitu Liverpool Kalahkan MU

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.