Sukses

Selain GBK, Ini 4 Stadion yang Sering Menggelar Konser Akbar

Selain untuk menggelar event olahraga, stadion juga sering menggelar acara-acara konser.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap negara kerap membuat stadion megah untuk menopang prestasi olahraganya masing-masing. Namun megahnya stadion juga mengundang pihak lain untuk menggelar acara yang sebenarnya tidak ada hubungannya dengan olahraga.

Di Indonesia sendiri, salah satu stadion terbesar, Stadion Utama Gelora Bung Karno, juga sering menggelar acara-acara di luar olahraga. Konser, kampanye, hingga ujian saringan masuk perguruan tinggi kerap digelar di stadion yang berkapasitas 80.000 penonton ini.

Memang selain kemudahan akses, kapasitas yang besar juga menjadi perhatian pihak penyelenggara saat memutuskan untuk menggunakan stadion.  Kabar terbaru, laga pra Olimpiade dan Pra Piala Asia U-23 2016 grup H terancam batal digelar. Pasalnya laga yang akan digelar pada 27-31 Maret 2015 itu berdekatan dengan jadwal konser One Direction.

Lantas stadion mana saja yang sering digunakan untuk keperluan konser? Berikut 4 stadion selain GBK yang banyak menggelar konser:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wembley

1. Wembley Stadium

Stadion tim nasional Inggris, Wembley Stadium, merupakan salah satu venue yang sering dijadikan tempat konser. Pasalnya stadion ini dapat menampung sekitar 105 ribu penonton saat menggelar konser.

Beberapa pemusik ternama yang pernah menjalani konser di Wembley antara lain Bon Jovi, Metallica, Muse, Madonna, Foo Fighters, Coldplay, Oasis, dan masih banyak lagi.

3 dari 5 halaman

Maracana

2. Maracana Stadium

Stadion di Brasil, Maracana Stadium, adalah stadion yang cukup tua dan sering menggelar konser. Stadion ini sempat menjadi stadion terbesar dengan kapasitas mencapai 200 ribu penonton. Akan tetapi  usai direnovasi, stadion ini hanya berkapasitas 78 ribu penonton.

Salah satu acara musik terbesar yang pernah digelar di stadion ini adalah perayaan hari jadi stadion yang ke-30 tahun pada 16 Januari 1980. Frank Sinatra yang mengisi acara berhasil menyedot perhatian sekitar 180 ribu penonton.

4 dari 5 halaman

Millenium

3. Millenium Stadium

Millenium Stadium sejatinya adalah markas dari tim nasional Rugby Wales. Stadion ini dibuka pada Juni 1999 dan memiliki kapasitas 74500 penonton.

Selain menggelar event olahraga, stadion ini juga multifungsi. Beberapa laga tinju, pembuatan film, dan ajang sepakbola juga sering digelar di stadion ini. Beberapa konser besar juga kerap digelar di sini. BBC's Songs of Praise sempat menyedot 60 ribu penonton untuk berbondong-bondong ke stadion ini.

Selain itu beberapa penyanyi ternama seperti, Tina Turner, Eric Clapton, Robbie Williams, The Rolling Stones, hingga Madonna sempat mengadakan konser di sini.

5 dari 5 halaman

Gillette

4. Gillette Stadium

Gillette stadium resmi dibuka pada tahun 2002. Stadion ini memiliki kapasitas 68 ribu penonton.  Stadion yang terletak di Massachusetts, Amerika Serikat ini adalah markas dari New England Patriots Football dan New England Revolution Soccer.

Sejak 2004, stadion ini juga menggelar konser musik besar, salah satunya New England Country music festival, event musik beraliran country terbesar di Inggris. Beberapa pemusik ternama seperti Kenny Chesney, Toby Keith, Brad Paisley, dan Elton John sempat meramaikan stadion ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.