Sukses

"Strategi Van Gaal Hanya Mampu Atasi Tim Kecil"

Scholes menyebut strategi Van Gaal tak mempan jika bertemu tim kuat.

Liputan6.com, Manchester - Legenda Manchester United Paul Scholes kembali mengkritik cara melatih manajer MU Louis van Gaal. Kali ini, Scholes menilai cara bermain tim berjuluk "Setan Merah".  

Sekadar catatan, musim ini MU sempat memainkan berbagai gaya dan skema, mulai dari pola 3-5-2, penerapan long ball. Dan, yang terakhir mencoba meniru taktik Barcelona, yang menekankan pada penguasaan bola dan memerintahkan semua pemain untuk selalu bergerak.

Scholes menilai pria Belanda tersebut tidak memiliki pemain yang tepat untuk memakai sistem yang ia inginkan. Ia mencontohkan saat MU melawan Arsenal.

"Saya tahu apa yang Louis van Gaal coba lakukan dengan timnya. Saya menyukai konsep yang ia terapkan. Saya hanya mempertanyakan apakah dia punya pemain yang bisa menunaikan hal tersebut,” kata Scholes.

Selanjutnya, strategi MU tiru raksasa La Liga>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gaya Barcelona

Menurut Scholes dalam beberapa pekan terakhir, Van Gaal sudah mencoba pendekatan terhadap gaya Barcelona. Bek tengah yang ia miliki dimainkan melebar, para full-back disuruh aktif ke depan dan timnya harus mengumpan bola.

Namun, kata dia, itu memang berhasil saat melawan tim lemah. Tapi, ketika bertemu tim yang lebih kuat, apakah hal tersebut akan berhasil?

“Untuk bermain dengan gaya seperti itu, Anda harus benar-benar luar biasa. Barcelona mampu melakukannya karena mereka memiliki pemain tersebut dan sudah bermain dengan gaya tersebut selama bertahun-tahun," ujarnya.

"MU sendiri sudah menghabiskan uang mencapai 220 juta pounds di tiga bursa transfer terakhir, dan sampai saat ini saya masih bertanya apakah mereka punya pemain untuk mengoperasikan sistem ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.