Sukses

Kontroversi Kartu Merah Aneh di Laga MU Vs Sunderland

Roger East adalah wasit yang memimpin pertandingan Manchester United melawan Sunderland, tadi malam.

Liputan6.com, Manchester - Kemenangan 2-0 Manchester United atas Sunderland di Old Trafford Stadium, tadi malam dibumbui dengan keputusan aneh wasit asal Inggris, Roger East.

Keputusan aneh itu terjadi pada menit ke-65. Awalnya, penyerang Setan Merah (sebutan MU), Radamel Falcao mempunyai peluang untuk menciptakan gol. Tapi, usaha Falcao mendapat sedikit gangguan dari John O'Shea yang melakukan tarikan dan membuat mantan penyerang Atletico Madrid itu terjatuh di kotak penalti Sunderland.

Di saat yang bersamaan, bek Sunderland lainnya, Wes Brown datang. Ketika Falcao terjatuh, East meniup peluit dan menunjuk titik putih. Keputusan yang mengejutkan dan dinilai aneh pun terjadi setelah itu, East memberi kartu merah kepada Brown.

Hal tersebut mengundang pertanyaan dari semua pemain Sunderland. Bahkan, O'Shea sudah menjelaskan kalau dirinya yang melakukan pelanggaran bukan Brown. Namun, East tidak bergeming, dia tetap pada pendiriannya.

"Dari posisi Roger East, dia percaya melihat adanya kontak dari O'Shea dan Brown kepada Falcao. Dia berpikir kalau Brown telah membuat pelanggaran ketika Falcao akan menedang bola," jelas pernyataan Professional Game Match Officials Limited (PGMOL), dikutip dari Sky Sports.

"Setelah kejadian itu, dia berkonsultasi dengan pengurus pertandingan. Namun, tidak ada yang memberikan petunjuk yang lebih baik," PGMOL menyambung.

Sementara itu, manajer Sunderland, Gus Poyes juga bingung dengan keputusan wasit berkepala plontos tersebut. "Wasit mengatakan kepada pemain kami kalau ada dua pelanggaran yang dilakukan O'Shea dan Brown," imbuh Poyet.

"Brown tidak menyentuh siapa pun. Saya tidak tahu apa yang East lihat. Bagaimana bisa wasit memberikan penalti dengan kejadian yang tidak terjadi," sambung Poyet.

Bersambung ke halaman selanjutnya ---->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pihak MU Sebut Wasit Bersalah

Pihak MU Sebut Wasit Bersalah

Selain Poyet yang bingung, manajer MU, Louis van Gaal dan kapten Setan Merah, Wayne Rooney juga tidak mengerti penglihatan dan pikiran Poyet dalam mengambil keputusan.

"Pemain Sunderland melakukan protes berlebihan karena mereka menilai wasit telah salah mengusir pemain. Itu memang kesalahan, tapi kita juga bisa berbuat yang sama. Hal itu dapat terjadi," ucap Van Gaal.

http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/819330/original/001890600_1425142018-2015-02-28T163329Z_68142809_MT1ACI13443301_RTRMADP_3_FOOTBALL.JPG

"Saya tidak berpikir itu Brown, sepertinya yang melakukan pelanggaran adalah O'Shea. Jadi, wasit telah melakukan kesalahan dan saya berharap mereka membatalkan kartu merah kepada Brown," timpal Rooney.

Baca juga:

9 Pemain Terpendek Sepanjang Sejarah Liga Inggris

Van Gaal Akui Trio Penyerang MU Tidak Hebat

Mourinho Marah Besar Chelsea Diremehkan Tanpa Matic

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini