Sukses

3 Bek Tangguh Bernaluri Striker di Pentas ISL

Beroperasi sebagai pemain bertahan, tugas utama pemain bertahan tentu menghalau serangan lawan. Namun, pekerjaan itu mulai bergeser.

Liputan6.com, Jakarta - Beroperasi sebagai pemain bertahan, tugas utama bek tentu menghalau serangan lawan. Namun, pekerjaan itu perlahan mulai bergeser. Urusan mencetak gol kini tidak lagi didominasi penyerang.

Bek sayap kanan Chelsea, Branislav Ivanovic bisa dijadikan contoh, pemain belakang kini bisa setenar striker lantaran sering menuliskan nama di papan skor. Bek asal Serbia itu kini telah mengoleksi 3 gol. Selain Ivanvic, Chris Smalling juga ikut menyumbang dua gol ketika melawan Burnley di laga lanjutan Premier League, awal pekan lalu.

Bukan hanya di luar negeri, di dalam negeri pemain belakang punya porsi yang sama mencetak gol sama seperti pemain depan. Pernyataan itu tepat di tujukan pada 3 bek yang merumput di Indonesia.

Salah satu diantara mereka juga menjadi penentu keberhasilan tim keluar sebagai juara musim lalu. Seringkali, mereka juga mencetak gol di momen-momen krusial.

Siapa saja bek bernaluri menyerang yan subur di pentas ISL 2014 lalu? Berikut ulasannya>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1

Vladimir Vujovic

Defender jangkung Persib ini langsung mencuri perhatian Bobotoh di musim perdana bersama Maung Bandung. Bek bertipikal pekerja keras ini bisa ditempatkan sebagai topscorer dilihat dari sudut posisi pemain bertahan.

Sepanjang musim lalu, bek asal Montenegro itu menjaringkan 6 gol. Frekuensi gol yang terhitung tinggi untuk ukuran seorang center-back. Gol Vujovic yang paling diingat tentu saat sang pemain ikut membantu Persib meraih kemenangan 2-1 atas Mitra Kukar di partai terakhir babak 8 besar. Gol pemain yang akrab disapa Vlado di menit 90+3 itu memuluskan jalan Persib ke semifinal dan tampil sebagai juara grup.

Selain mencetak gol dari skema open play, Vujovic juga kerap ditunjuk menjadi eksekutor penalti. Dua dari enam gol Vujovic tercipta dari titik putih, dia hanya sekali gagal mengeksekusi penalti ketika menghadapi Persita Tangerang di Wilayah Timur.

Peta persebaran gol Vladimir Vujovic

Persib 3 – 1 Arema (1 gol)
Persib 2 – 1 Mitra Kukar (1 gol)
Persita 1 – 2 Persib (1 gol)
Persib 3 – 0 Persik Kediri (1 gol)
Persib 5 – 0 Persijap (2 gol)

3 dari 4 halaman

2

Fabiano Beltrame

Musim lalu, ketika masih memperkuat Macan Kemayoran alias Persija Jakarta, Fabiano Beltrame menjadi pemain belakang yang subur. Pemain asal Brasil itu bahkan mencetak dua gol sekaligus ketika Persija mengalahkan Barito Putera dengan skor telak 3-1.

Tapi kontribusi Fabiano tidak mampu menolong Tim yang identik dengan warna Oranye itu lolos ke babak penyisihan grup Wilayah Barat musim 2014 lalu.

Membuka ISL musim 2014, mantan pemain Persela Lamongan itu memilih merantau ke Malang untuk memperkuat Arema Cronus. Fabiano termasuk dalam daftar pemain yang dilepas Persija.

Peta persebaran gol Fabiano Beltrame

Persija 3 – 1 Barito Putera (2 gol)
Persik Kediri 2 – 1 Persija (1 gol)

4 dari 4 halaman

3

Pierre Bio Pauline

Benteng pertahanan kokoh milik Persipura Jayapura itu memang tidak hanya pintar dalam bertahan, tetapi juga mampu memberikan tekanan ke jantung pertahanan lawan. Pemain yang identik dengan rambut kepangnya itu telah menyumbangkan 2 gol.

Jumlah tersebut paling banyak di antara pemain bertahan Persipura lainnya; hingga musim 2014 rampung, tidak ada bek Mutiara Hitam yang mengoyak jala lawan. Gol pemain berkebangsaan Kamerun itu tercipta ketika Persipura menghadapi Persisam United (kini Bali United) dan PSM Makassar.

Ketika melawan Persisam, Bio Pauline mencetak gol di menit akhir untuk menyelamatkan tim dari kekalahan. Mantan pemain Mitra Kukar itu pun mengantarkan Persipura menghindari poin nol saat berduel dengan PSM Makassar.

Peta persebaran gol Bio Pauline

Persipura 1 – 1 PSM (1 gol)
Bali United 2 – 2 Persipura (1 gol)

Baca Juga:

Dilirik MU, Titisan Aguero Mimpi Gabung Barcelona dan City

Dahsyat! Hak Siar Liga Inggris Senilai Rp 100 Triliun

Ternyata, David Beckham Gemar Nonton Film Porno

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.