Sukses

Ukur Ketajaman Kandidat 2 Topscorer Premier League Musim Ini

Diego Costa dan Sergio Aguero saling tancap gas, memburu setoran gol demi membuktikan diri sebagai bomber paling berbahaya.

Liputan6.com, Jakarta - Premier League mulai memanas. Tidak hanya bagi 20 kontestan, tetapi juga para pelakonnya. Bukan semata gelar, mereka juga membulatkan tekad demi satu gelar individual yang paling banyak diincar; yakni topscorer. Sejauh ini baru ada 2 nama kandidat Diego Costa dan Sergio Aguero sebagai pemain tersubur.

Saat ini, terdapat dua kandidat kuat untuk menyadang title tersebut. Diego Costa dan Sergio Aguero saling tancap gas, memburu setoran gol demi membuktikan diri sebagai bomber berbahaya di kompetisi super ketat di dunia itu. Memasuki pekan ke-25, Costa masih setia bertengger di posisi pertama dalam daftar top-scorer. Pemain asal Spanyol itu kini sudah mengoleksi 16 gol.

Memang, sejak didatangkan pada bursa transfer musim panas lalu, pemain berdarah Brasil itu menjelma jadi tulang punggung The Blues di lini depan. Dan tidak salah rasanya, bila menyebut Costa menjadi pembelian sukses Chelsea.

Produktivitas gol Costa terbilang tinggi. Dari 19 partai, Costa mencetak 17 gol. Angka itu menunjukkan, pemain 25 tahun itu punya intensitas tinggi mencetak gol.

Tapi tentu, Costa masih belum aman. Ya, bomber haus gol lainnya, Sergio Aguero masih membayangi di tempat kedua. Selisih gol dua ujung tombak itu sangat tipis, hanya berjarak satu gol. Artinya, Costa harus tetap pasang mata dengan ketajaman yang dimiliki Aguero. Costa tidak boleh lengah sedikitpun, pasalnya striker asal Argentina itu masih jadi ancaman nyata demi meraih gelar individual bergengsi di Premier League itu.

Lantas siapa tertajam di antara mereka? Sulit menentukan, tapi setidaknya terdapat parameter yang bisa dijadikan ukuran guna menjawab pertanyaan tersebut. Berikut ulasannya sebagaimana dikutip dari berbagai sumber.

Apa saja itu, berikut uraiannya, selanjutnya>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Penalti

Dari data yang dilansir Soccerway, Costa sejauh ini belum pernah mencetak gol dari titik putih dari jarak 12 pas alias tendangan penalti. Gol-gol Diego Costa tercipta dari skema open play. Sedangkan, Aguero telah mencetak 3 gol melalui tendangan penalti.

3 dari 6 halaman

Peluang

Soal urusan membuat peluang, Costa juga masih mengungguli Aguero. Sepanjang musim ini, Costa membuat 33 peluang dalam 19 pertandingan sedangkan Aguero hanya 20 kali di 20 partai. Demikian data dari Squawka. Tapi tentu hal itu tidak lepas dari cedera yang membebat "Kun" yang membuat dia harus diparkir Manuel Pellegrini.

4 dari 6 halaman

Total tembakan dan akurasi tendangan

Bila dilihat dari segi total shot, Aguero ternyata memimpin atas Costa. Mantan pemain Atletico Madrid itu 88 kali melakukan tembakan, dan Costa 61 kali. Tapi bila melihat produktivitas gol Costa yang masih di atas Aguero, pemain Timnas Spanyol itu bermain lebih efektif. Terbukti, akurasi tendangan Costa menyentuh angka 72% sedangkan, Aguero hanya 58%.

5 dari 6 halaman

Gol dari dalam kotak penalti

Costa membuktikan masih menjadi predator yang haus gol di kotak penalti lawan. Pemain yang juga pernah berkostum Atletico Madrid itu 17 kali mencetak gol dari dalam kotak 16. Itu artinya, Costa mencetak semua gol di musim ini dari dalam kotak penalti. Atau rata-rata gol Costa dari dalam kotak penalti mencapai 0,89 di tiap partai. Bagaimana dengan Aguero?Dari torehan 16 gol sepanjang tahun ini, mantan menantu Diego Maradona itu hanya sekali mencetak gol dari luar kotak penalti.

6 dari 6 halaman

Cetak gol pertama

Aguero ternyata 7 kali mencetak gol pertama. Gol tersebut tercipta ketika Aguero menghadapi Arsenal, Hull City, Tottenham Hotspur, Manchester United, Queens Park Rangers, dan Sunderland. Dan, Costa melakukan 6 kali.

Baca juga

4 Pertandingan Seru di Hari Valentine

Bayern Muenchen vs Hamburg SV: Peluang Hujan Gol di Allianz Arena

10 Fakta Menarik Laga Bayern Munich vs Hamburg SV

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.