Sukses

7 Fakta Unik Semifinal Kedua Piala Afrika 2015

tujuh fakta menarik laga semifinal antara Ghana vs Guinea Khatulistiwa.

Liputan6.com, Malabo - Laga semifinal kedua Piala Afrika 2015 mempertemukan Ghana menghadapi tuan rumah Guinea Khatulistiwa. Berikut data dan fakta menarik jelang pertandingan nanti.

Pantai Gading sudah memastikan satu tiket babak final Piala Afrika 2015. Satu tiket lainnya akan diperebutkan Ghana dan Guinea Khatulistiwa di Nuevo Estadio de Malabo, Malabo,  Jumat (6/2/2015) dini hari WIB.

Ghana melangkah ke babak final usai memetik kemenangan tiga gol tanpa balas melawan Guinea di babak perempatfinal. Christian Atsu tampil sebagai pahlawan dengan mencetak sepasang gol. Satu gol lainnya dicetak Kwesi Appiah.

Adapun, Guinea Khatulistiwa memetik kemenangan dramatis melawan Tunisia di babak perempatfinal. Penalti Javier Balboa di menit ke-93 mengantar sang tuan rumah ke babak semifinal.

Namun, kemenangan ini menyisakan kontroversi. Wasit Rajindraparsad Seechurn mendapatkan hukuman larangan tampil selama enam bulan atas keputusan kontroversialnya memberikan hadiah penalti kepada Guinea Khatulistiwa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Data & Fakta Menarik


1. Ghana mencapai babak semifinal Piala Afrika lima kali secara beruntun. Namun, baru dua kali Ghana menjejaki babak final, yakni pada 2010 dan sekarang.

2. Guinea Khatulistiwa berhasil mencapai babak final pada penampilan kedua mereka di ajang Piala Afrika. Sebelumnya, Guinea Khatulistiwa mencapai babak perempatfinal pada 2012 lalu.

3. Ini menjadi pertemuan pertama antara Ghana dan Guinea Khatulistiwa.

4. Andrew Ayew menjadi pemain yang paling banyak berkontribusi dalam gol, mencetak 4 gol dan dua assist.

5. Javier Baboa menjadi satu-satunya pemain yang berhasil mencetak gol secara langsung dari tendangan bebas di ajang Piala Afrika 2015 kali ini.

6. Tuan rumah Guinea Khatulistiwa baru kebobolan dua gol hingga babak semifinal. Sementara, Ghana kebobolan tiga gol.

7. Felipe Ovono sejauh ini menjadi kiper yang paling banyak melakukan penyelamatan di Piala Afrika 2015. Sejauh ini, dia tujuh kali melakukan penyelamatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.