5 Pemain Termahal yang Pernah 'Dibuang' MU

Oleh Adyaksa Vidi pada 20 Des 2014, 19:01 WIB
Diperbarui 20 Des 2014, 19:01 WIB
img_junjie-211211.jpg
Perbesar
Wasit Cina Huang Junjie memberikan tendangan bebas kepada bintang MU Cristiano Ronaldo (kanan) di laga persahabatan melawan klub Cina, Shenzhen, di Macau, 23 Juli 2007. MU menang 6-0. AFP PHOTO / PHILIPPE LOPEZ

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) merupakan salah satu klub sepak bola terbesar di dunia. Dan salah satu pemasukan paling banyak dari MU adalah dari penjualan pemainnya.

Pada era Alex Ferguson, MU banyak mengeruk keuntungan dari penjualan pemain tersebut. Hebatnya, beberapa pemain dibeli dengan harga murah atau pemain asli binaan akademi MU.

Berikut lima pemain termahal yang pernah dijual The Red Devils seperti dilansir dari berbagai sumber:

2 dari 6 halaman

Cristiano Ronaldo

Real Madrid 2 vs 0 Ludogorets: Ronaldo Dekati Rekor Messi
Perbesar
Sudah menggenggam tiket ke 16 besar, bukan berarti Real Madrid bermain santai menghadapi wakil dari Bulgaria Ludogorets

Ronaldo merupakan pemain termahal yang pernah dijual MU. Sayap asal Portugal itu dilepas ke Real Madrid dengan harga 80 juta pound atau Rp. 1,5 triliun pada tahun 2009.

Padahal MU hanya membelinya dari Sporting Lisbon dengan harga 12,2 juta pound pada tahun 2003. Namun penjualan itu dinilai pantas mengingat prestasi Ronaldo bersama Madrid saat ini.

3 dari 6 halaman

David Beckham

Ilustrasi David Beckham
Perbesar
Ilustrasi David Beckham

Pemain kedua termahal yang pernah dijual MU adalah David Beckham. The Red Devils menjualnya ke Real Madrid dengan banderol hingga 25 juta pound pada tahun 2003.

Penjualan Beckham sangat menguntungkan dari sisi finansial karena ia merupakan produk asli akademi.  Bersama Madrid, Beckham sukses menyumbangkan dua gelar.

4 dari 6 halaman

Danny Welbeck

Danny Welbeck
Perbesar
Danny Welbeck saat menyambut umpan Santi Cazorla

Welbeck menjadi pemain termahal ketiga yang pernah dijual MU. Striker timnas Inggris itu dilego dengan harga 16 juta pound ke Arsenal pada musim panas lalu.

Penjualan Welbeck juga menguntungkan MU karena ia juga merupakan pemain binaan akademi MU. Manajer Louis van Gaal memutuskan menjual Welbeck karena stok striker yang berlimpah.

5 dari 6 halaman

Jaap Stam

Jaap Stam
Perbesar
Jaap Stam (FRANCOIS GUILLOT / AFP)


Penjualan Stam ke Lazio sempat menuai kontroversi pada tahun 2001. Pasalnya, ia dijual karena bertikai dengan Alex Ferguson.

MU menjual bek asal Belanda itu dengan harga 15,3 juta pound. Namun MU sendiri sudah mengambil keuntungan dari penjualan ini karena mereka membelinya hanya dengan harga 10,6 juta pound pada tahun 1998 dari PSV.

6 dari 6 halaman

Juan Sebastian Veron

Juan Sebastian Veron (© AFP 2009)
Perbesar
Kapten Estudiantes, Juan Sebastian Veron (kanan) merayakan golnya ketika berhadapan dengan klub Brasil, Cruzeiro di partai Grup 5 Copa Libertadores 2009 di Stadion Unico, La Plata, Buenos Aires, 8 April 2009. AFP PHOTO/ALEJANDRO PAGNI

Walau masuk daftar pemain termahal yang pernah dijual, namun MU tetap merugi dalam transfer Veron. Maklum ia hanya dijual dengan harga 15 juta pound ke Chelsea pada tahun 2003.

Padahal saat membelinya dari Lazio tahun 2001, MU merogoh kocek hingga 28,1 juta pound sekaligus menjadikan Veron pemain termahal di Inggris saat itu. Sayang, ia tak berkembang di Old Trafford dan membuat Alex Ferguson memutuskan untuk menjualnya dua tahun kemudian.

Baca Juga:

"Real Madrid Timnya Tuhan"

FIFA Akhirnya akan Rilis Versi Lengkap Dokumen Garcia

Dibantai Liverpool Musim Lalu, Wenger: Sakitnya Tuh di Sini

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by