Sukses

5 Pemain ISL Memilih Hijrah ke Negeri Jiran

Tren pemain yang hijrah dari kompetisi Indonesia Super League (ISL) ke Malaysia Super League (MSL) masih tetap ramai.

Liputan6.com, Tren pemain yang hijrah dari kompetisi Indonesia Super League (ISL) ke Malaysia Super League (MSL) masih tetap ramai.

Musim lalu, beberapa pemain timnas macam Andik Vermansah, Patrich Wanggai, Hamka Hamzah memutuskan hijrah ke kompetisi Negeri Jiran. Langkah ketiganya diikuti beberapa pemain impor seperti Zah Rahan Krangar dan Eduard Junior Wilson yang bergabung dengan Felda United. Agaknya, mereka tidak tahan dengan godaan ringgit menggiurkan yang ditawarkan klub-klub tersebut.

Memasuki 2014, fenomena ini masih tetap berlanjut. Terbukti sudah ada lima pemain asing dari kompetisi kasta tertinggi Tanah Air yang akhirnya memilih hijrah ke Malaysia. Siapa saja kelima pemain itu?

Berikut nama lima pemain asing yang akhirnya memilih merumput di Malaysia :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Emmanuel Kenmogne

Bomber berusia 34 tahun ini adalah mesin gol andalan di setiap tim yang diperkuatnya. Setengah musim berkostum Persija Jakarta, Kemogne mampu mencetak 14 gol hanya dari 16 pertandingan.

Musim 2013, naluri gol pemain yang sudah memperkuat 12 klub berbeda itu semakin tajam. Terbukti, 25 gol sukses dikemas dari 25 pertandingan. Jika melihat ketajaman yang dimiliki Kenmogne, gol demi gol diperkirakan akan terus tercipta dari kepala dan kakinya bersama Kelantan.

3 dari 6 halaman

Isaac Puppo

Gelandang timnas Liberia mengikuti jejak Kenmogne memperkuat Kelantan. Ia hanya bertahan setengah musim di tim promosi Persebaya.

Meski petualangannya di Surabaya terbilang singkat, gelandang serang berusia 29 tahun ini adalah pemain kesayangan Rahmad Darmawan. Dari sembilan penampilan bersama tim "Bajul Ijo", Pupo mengemas tiga gol.

4 dari 6 halaman

Alberto Goncalves

Salah satu pemain asing yang meraih sukses di Indonesia. Selama delapan tahun bermain di kompetisi kasta tertinggi Tanah Air Beto, sapaan akrabnya, mengemas lebih dari 100 gol.

Selain itu, striker asal Brasil juga sukses mengantarkan Persipura Jayapura juara ISL musim 2008/09 dan meraih gelar topskorer musim 2011/12. Namun, awal musim ini Beto memutuskan hijrah ke Negeri Jiran untuk memperkuat Penang FA.

5 dari 6 halaman

Gustavo Lopez

Playmaker asal Argentina ini merupakan sosok berpengaruh di setiap tim yang diperkuatnya. Pada musim pertama (2011/12), ia mampu mengantarkan Persela Lamongan finis di posisi keempat klasemen akhir.

Musim lalu, pemain yang mengoleksi 12 gol selama dua musim memperkuat "Laskar Joko Tingkir" ini muncul sebagai ruh permainan Arema Cronus. Sayang, kebersamaan Lopez dengan tim kebanggaan Aremania hanya bertahan satu musim setelah dirinya menerima pinangan Terengganu FA.

6 dari 6 halaman

Reinaldo Lobo

Bek tengah berpostur kekar asal Brasil ini direkrut Mitra Kukar saat melakukan tur di Spanyol, Desember tahun 2013 lalu.

Sepanjang musim ini, performa Lobo dalam mengawal pertahanan sebenarnya tidak terlalu istimewa walau sukses mengantarkan "Naga Mekes" ke babak delapan besar. Terbukti, gawang Mitra Kukar harus kebobolan 28 gol musim ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.