Sukses

Babak I, Kesalahan Bek Buat Indonesia Tertinggal dari Filipina

Muhamad Roby gagal melakukan operan pada Kurnia Meiga sehingga terjadi gol.

Liputan6.com, Hanoi - Babak pertama Indonesia tertinggal sementara 0-1 dari Filipina dalam laga fase grup A Piala AFF 2014, Selasa (25/11/2014). Gol bagi Filipina dicetak Phillip Younghusband dari eksekusi penalti.

Sejak menit pertama Indonesia langsung mengambil inisiatif menyerang. Hasilnya menit ke-2 Indonesia berhasil menciptakan kemelut di depan gawang Filipina.

Beruntung ada pemain belakang Filipina, Sato, yang menghalau bola tepat di depan garis gawang. Usai kejadian itu, Filipina balik menekan.

Memasuki menit ke-4, Patrick Reichelt, nyaris mencetak gol apabila sundulannya tidak dihalau Kurnia Meiga. Penyelamatan gemilang juga berhasil dilakukan Meiga pada menit ke-10. Ia sukses menepis tendangan jarak jauh Bahadoran.

Petaka bagi Indonesia hadir di menit ke-15. Bermula dari serangan balik Filipina, Bahadoran dengan leluasan berlari di sisi kiri penyerangan Filipina.

Ahmad Jufriyanto pun berinisiatif untuk memberikan operan pada Kurnia Meiga, tapi alur bola yang tidak sempurna membuat Bahadoran kembali menerjang bola hingga dalam kotak penalti. Sontak Firman Utina mengganjal Bahdoran di dalam kotak penalti.

Wasit pun menganggap hal itu sebagai pelanggaran dan memberikan hadiah penalti bagi Filipina. Phillip Younghusband sukses mengeksekusi bola dan membawa Filipina unggul sementara.

Permainan cepat Filipina membuat Indonesia kewalahan di lini tengah. Hasilnya Filipina berulang kali menusuk ke jantung pertahanan Indonesia.

Kesalahan-kesalahan kembali dilakukan anak asuh Alfred Riedl. Bola seringkali terbuang percuma saat hendak melakukan serangan balik.

Memasuki detik-detik akhir babak pertama, keunggulan materi pemain Filipina membuat lini belakang Indonesia kewalahan. Bahadoran nyaris membobol gawang Kurnia Meiga setelah mampu melewati Zulkifli Syukur apabila tembakannya tidak melenceng.

Hingga turun minum skor 1-0 untuk keunggulan Filipina tetap bertahan.


Susunan pemain

Indonesia: Meiga; Zulkifli, Jufriyanto, Roby, Rizky; Maitimo, Firman (c); Ridwan, Samsul, Zulham; v. Dijk

Filipina: Deyto; Sato, Guirado (R. Gier), Aguinaldo, Rota; Ott, Lucena; Bahadoran, P. Younghusband, Steuble; Reichelt.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini