Sukses

Indonesia vs Timor Leste Bukan Laga Resmi FIFA?

Pertandingan Indonesia vs Timor Leste yang bertajuk laga uji coba tersebut ternyata tak terdaftar di Federasi dan Asosiasi Sepak bola Intern

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia baru saja melawan Timor Leste pada Selasa (11/11) sore lalu, jelang persiapan Piala AFF 2014 di Vietnam. Pada laga tersebut, Skuat Garuda menang 4-0 lewat gol yang dicetak Sergio van Dijk, Zulham Zamrun, Evan Dimas Darmono, dan Samsul Arif.

Sayangnya, pertandingan Indonesia vs Timor Leste yang bertajuk laga uji coba tersebut ternyata tak terdaftar di Federasi dan Asosiasi Sepak bola Internasional (FIFA).

Padahal, kemenangan di sebuah pertandingan persahabatan dapat menambah poin Indonesia bila peringkat FIFA diperbarui akhir November ini. Saat ini Indonesia menempati ranking ke 157 FIFA, sedangkan Timor Leste berada di peringkat 182.

Laga resmi terakhir Indonesia yang terekam di laman resmi FIFA adalah kala menjamu Kamboja di Gelora Delta Sidoarjo, pada September lalu. Saat itu, gol tunggal yang membawa kemenangan Indonesia dicetak oleh Raphael Maitimo.

Pada pertandingan tersebut, wasit yang memimpin adalah Mohd Nafeez Abdul Wahab, asal Malaysia. Sejatinya memang sebuah laga resmi FIFA mewajibkan pengadil pertandingan tidak berasal dari negara yang sedang bertanding.

Indonesia vs Timor Leste dipimpin oleh wasit kelahiran Bandung, Oki Dwi Putra. Oki mendapat lisensi memimpin laga internasional pada 2010 setelah setahun sebelumnya menjadi asisten wasit.

FIFA baru akan menghitung poin Indonesia di laga melawan Suriah pada Sabtu (15/11) mendatang, karena berdasarkan laman resminya, uji coba tersebut menjadi yang terakhir sebelum Skuat Garuda berangkat ke Hanoi, Vietnam.


Baca Juga:
Pesan Indra Sjafri untuk Evan Dimas
4 Presenter Seksi Milik Klub Elite Eropa
5 Manajer Inggris Raya yang Bertualang ke Negara Lain


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.