Pesepakbola Jerman Diduga Anggota ISIS

Oleh Ulul Azmi pada 24 Okt 2014, 08:20 WIB
Diperbarui 24 Okt 2014, 08:20 WIB
ISIS Terungkap Gunakan Senjata Militer AS
Perbesar
Asal usul senjata ISIS dibeberkan Badan Penelitian Senjata yang berbasis di London.

Liputan6.com, Frankfurt - Pesepakbola Muda Jerman, Kreshnik Berisha diduga terlibat kelompok Jihadis, ISIS (Negara Islam Irak dan Siria). Berisha merupakan tersangka ISIS pertama yang bakal menjalani sidang di Jerman.  

Pemuda keturunan Kosovo itu sempat menghabiskan waktu enam bulan di Siria. Kemudian ia ditangkap ketika tiba di Frankfurt. Ketika ditangkap, Berisha mengenakan jersey Makkabi Frankfurt, yakni klub sepakbola Yahudi terbesar di Jerman.

Seorang pelatih sepak bola remaja, Alon Meyer, ditenggerai mengenal pemuda berusia 20 tahun tersebut. Oleh karena itu, jurnalis berusaha mencari keterangan mengenai Berisha dengan menghubungi Meyer.

"Saya ingat ketika seorang jurnalis mengatakan itu dan saya tidak percaya. Saya pikir itu tidak serius," ujar Meyer yang juga menjadi presiden dari 40 klub Makkabi, seperti dilansir Reuters, Kamis (23/10/2014).

Meyer menambahkan, pemuda itu terlihat normal. Tidak sering mengumpat dan berkelahi di lapangan dengan temannya. Oleh karenanya Meyer heran, dalam kurang dari tiga tahun, Berisha kembail ke Jerman dan disangkut-pautkan dengan ISIS.

"Pemuda ini merupakan pemain yang sering bermain bersama para pesepak bola Yahudi lain tiap minggunya. Ia terlihat nyaman dan bahagia," ujar Meyer.

Berisha diyakini akan menjalani hukuman penjara selama tiga hingga empat setengah tahun karena diduga terlibat organisasi yang dianggap teroris tersebut. Namun hakim menawarkan hukuman lebih ringan jika ia memberi informasi terkait ISIS.