Sukses

Timnas U-19 Dipecundangi Uzbekistan 1-3

Uzbekistan menang telak 3-1 atas Timnas Indonesia U-19.

Liputan6.com, Yangon - Uzbekistan menang meyakinkan atas Timnas Indonesia U-19 di Stadion Thuwunna pada babak pertama AFC Cup U-19 Grup B, Jumat (10/10/2014). Uzbekistan menang telak 3-1 atas Timnas U-19.

Pada 15 menit pertama, baik Indonesia maupun Uzbekistan masih mencari celah untuk menciptakan peluang. Kedua kesebelasan masih terlihat sangat berhati-hati, bola pun lebih banyak berkutat di lapangan tengah.

Koordinasi buruk Timnas U-19 di lini pertahanan dimanfaatkan dengan baik oleh Uzbekistan. Pada menit ke-17 Khamdanov Dostonbek yang lolos dari jebakan off side dan lepas dari kawalan pemain Garuda Jaya sukses menjebol gawang Rully Desrian dengan sepakan kaki kanannya.

Lima menit kemudian, Indonesia kian tertinggal dari Uzbekistan melalui titik penalti setelah Fatchu Rochman menjatuhkan pemain Uzbekistan di kotak penalti. Urinboev Zabikhillo mengeksekusi tendangan tersebut, dia melepaskan bola ke pojok kiri gawang tanpa bisa dihentikan Rully.

Terkejut dengan dua gol, Timnas U-19 melancarkan serangan pada menit ke-27. Dinan melepaskan umpan mendatar dari sisi kiri pertahanan Uzbekistan. Tapi sayang, umpannya gagal dimanfaatkan oleh Evan Dimas.

Empat menit setelahnya, Zulfiandi melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti Uzbekistan. Tapi kiper The White Wolves (sebutan Uzbekistan), Khamraev Dilshod bisa menepisnya.

Uzbekistan kembali mengancam pertahanan Timnas U-19. Kesalahan Putu Gede dimanfaatkan dengan baik oleh Urinboev pada menit ke-37. Penyerang bernomor 19 itu langsung menyepak bola dari luar kotak penalti, tapi akurasi sepakannya belum menemui sasaran.

Pemain belakang Uzbekistan Abdusalimov Firdavs berbenturan dengan Madini Pali pada menit ke-42. Abdusalimov terlihat kesakitan sambil memegangi punggungnya.

Di masa injury time, Dinan melepaskan tendangan keras dengan kaki kirinya dari luar kotak penalti. Tapi bola hasil sepakannya masih bisa ditangkap Dilshod.

Hingga babak pertama berakhir, Uzbekistan berhasil mempertahankan keunggulan 2-0 atas Garuda Jaya.

Baca ulasan babak kedua di page selanjutnya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Garuda Jaya yang tertinggal dua gol mengambil inisiatif untuk melakukan serangan. Pada menit ke-48, Evan Dimas bersenggolan dengan Sokhibov Javokhir di kotak penalti Uzbekistan. Tapi wasit malah menghadiahi Evan Dimas dengan kartu kuning karena dianggap melakukan diving.

Lima menit kemudian giliran Uzbekistan mengancam. Khamdamov melepaskan umpan lambung dari sisi kanan pertahanan Garuda Jaya. Tapi bola masih bisa diamankan Rully.

Timnas U-19 memperkecil kedudukan pada menit ke-56. Paulo Sitanggang melepaskan tendangan keras dari jarak jauh. Bola mengarah ke pojok kiri atas gawang Uzbekistan, Kiper Khamraev Dilshod gagal menghentikannya.

Usai memperkecil kedudukan, Garuda Jaya kian gencar melakukan serangan. Paulo Sitanggang dan Evan Dimas menjadi motor serangan tim asuhan Indra Sjafri.

Uzbekistan menebar ancaman pada menit ke-73. Berawal dari tendangan sudut, Urinboev yang berpostur tinggu berhasil menjangkau bola dengan kepalanya. Tapi bola hasil sundulannya belum menemui sasaran.

Semenit berselang, Timnas U-19 mempunyai kesempatan untuk mencetak angka. Ilham Udin melepaskan umpan silang lambung dari sisi kanan pertahanan Uzbekistan. Tapi bola yang mengarah kepada Dinan bisa dihalau oleh bek The White Wolves.

Uzbekistan kembali mengancam melalui bola-bola atas. Pada menit ke-80, berawal dari situasi tendangan sudut, Shukurov Otabek menyundul bola. Tapi usahanya masih melebar di sebelah kiri gawang Rully.

Lima menit kemudian Garuda Jaya juga memperoleh peluang emas. Evan Dimas melepaskan umpan lambung yang mengarah ke dalam kotak penalti Uzbekistan. Putu Gede berada di posisi yang tepat untuk menyundul bola. Tapi bola masih melebar di sebelah kiri gawang Khamraev.

Uzbekistan mencetak gol ketiga di menit ke-86. Sepakan terukur Shukurov Otabek dengan kaki kanan gagal dihentikan Rully. Bola mengarah ke pojok kanan gawang Garuda Jaya.

Hingga bubaran skor tidak mengalami perubahan. Uzbekistan menang 3-1 atas Garuda Jaya. Hasil tersebut membuat Uzbekistan untuk sementara memuncaki klasemen Grup B dengan tiga poin.

Susunan Pemain

Uzbekistan: 12-Khamraev Dilshod;20-Tursunov Dostonbek, 14-Abdusalimov Firdavs; 8-Sokhibov Javokhir, 15-Davlatov Bobir, 23-Goyosov Khurshid; 5-Hamrobekov Odiljon, 9-Shomurodov Eldor, 10-Shukurov Otabek, 17-Khamdamov Dostonbek, 19-Urinboev Zabikhillo
 
Indonesia: 22-Rully Desrian; 2-Putu Gede, 13-Sahrul Kurniawan, 16-Hansamu Yama, 5-Fatchu Rochman; 8-Hargianto, Zulfiandi, 6-Evan Dimas; 20-Ilham Udin, 9-Dinan Javier, 15-Maldini Pali

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.