Keisuke Honda Selamatkan Milan dari Kekalahan

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 24 Sep 2014, 03:53 WIB
Diperbarui 24 Sep 2014, 03:53 WIB
Keisuke Honda
Perbesar
Pemain AC Milan Keisuke Honda merayakan dengan Iganzio Abate setelah mencetak gol melawan Empoli (Reuters)

Liputan6.com, Empoli: AC Milan hanya mapu bermain imbang 2-2 saat bertandang ke markas Empoli, di Stadio Carlo Castellani, dalam lanjutan Serie A Italia, Rabu (24/9/2014) dinihari WIB. Milan ketinggalan terlebih dahulu melalui gol Lorenzo Tonelli dan Manuel Pucciarelli.

Milan sempat memperkecil ketinggalan menjadi 1-2 lewat gol Fernando Torres setelah memanfaatkan umpan Abate. Keisuke Honda akhirnya menjadi penyelamat berkat golnya pada menit 57.

Di awal babak pertama Milan mencoba mengambil inisiatif penyerangan.  Namun, Rossoneri masih belum mampu menciptakan peluang bagus dalam 10 menit pertama.

Pada menit 13, di luar dugaan, Empoli mampu mencetak angka, meski baru mendapatkan satu peluang. Lorenzo Tonelli berhasil mencetak gol melalui sundulan memanfaatkan sepak pojok Valdifiori mengarah ke pojok kanan atas gawang Abiatti.

Gawang Milan kembali kebobolan pada menit 21. Berawal dari free kick, Tavano berhasil menyodorkan bola ke dalam kotak penalti. Di sana, Pucciarelli melepaskan tembakan first-time yang gagal dimentahkan Abbiati. Empoli unggul 2-0!

Tertinggal dua gol, skuad asuhan Filippo Inzaghi mencoba bangkit. Tapi, hingga lima menit menjelang turun minum, Milan belum mampu menciptakan gol. Pertahanan Empoli terlihat solid sejauh ini.

Pemain anyar Milan Fernando Torres mendapat peluang pertama.  Setelah mengelabui bek Empoli, penyerang pinjaman Chelsea itu melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti, namun bola berhasil diredam Sepe.

Menit 43 El Nino akhirnya mampu mencetak gol pertama untuk Milan. Crossing Abate dari sayap kanan diteruskan sang penyerang melalui sundulan yang mengarah ke sisi kiri gawang.

Di babak kedua, Inzaghi melakukan penyegaran di lini tengah. Poli ia turunkan untuk menggantikan Muntari.

Setelah cukup berupaya menjebol gawang lawannya, Rossoneri akhirnya bisa menyamakkan kedudukan menjadi 2-2 pada menit 57 melalui gol Keisuke Honda. Tembakan kaki kiri sang playmaker dari dalam kotak penalti mengarah ke sisi kanan gawang Empoli tanpa bisa dihalau Sepe.

Empoli kini mulai kewalahan ketika Milan menggepur dari kedua sayap. Pertahanan tim tuan rumah tak sesolid di babak pertama.

Milan hampir menambah kemenangan pada menit 87. Sayang, crossing mendatar Menez gagal diteruskan rekan setimnya yang berdiri di muka gawang. Laga pun berakhir imbang 2-2.