Sukses

Bali Akan Bangun Stadion Standar Internasional

Biaya untuk membangun stadion itu diperkirakan mencapai Rp 1 triliun.

Liputan6.com, Kuta - Impian warga Bali memiliki stadion bertaraf internasional segera terwujud. Rencananya stadion tersebut dirancang megah dan lengkap dengan fasilitas yang memadai. Stadion itu direncanakan didirikan di atas lahan seluas tujuh hektar.

"Lokasinya di dekat Bali Pecatu Graha Kabupaten Badung. Pemprov Bali punya lahan di sana," kata Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Bali, I Ketut Wija, di Kuta, Bali, Sabtu (9/8/2014).

Ia menuturkan, menurut rencana di atas lahan itu akan dibangun dua stadion. Yaitu satu stadion untuk sepakbola dan satu stadion tertutup untuk sport, tourism, dan culture.

"Bali sudah memiliki ikon pariwisata budaya dan juga MICE untuk conference, kita juga akan membangun sport tourism. Karena ke depan pariwisata juga harus menjaring potensi-potensi dalam bidang olahraga," imbuh Wija.

Ia menambahkan, pembangunan ini dilakukan karena banyaknya tawaran dari klub internasional yang ingin menggelar pertandingan di Bali. Tapi, Bali belum memiliki stadion yang memenuhi standar internasional dan memiliki stadion yang representatif.

Biaya untuk membangun stadion itu diperkirakan mencapai Rp 1 triliun. Namun karena Pemprov Bali tidak memiliki dana sebesar itu, maka diserahkan pembangunan stadion tersebut kepada pihak swasta yang berminat.

Pemprov Bali pun telah mengirimkan tim ke Palembang dan Riau untuk melakukan pengkajian soal stadion berstandar internasional di sana. "Kita sedang desain. Mudah-mudahan tahun 2015 FS-nya sudah kita lakukan di Bali," imbuhnya.

"Konsepnya KPS (Kerja Sama Pemerintah Swasta). Kita punya tanah, silakan siapa yang ingin membangun. Sudah ada tawaran dari beberapa investor," beber Wija.

Wija menambahkan, bahwa Pemprov Bali juga berkeinginan membangun stadion aquatic akan terpusat di daerah Denpasar. "Akan dibangun stadion aquatic khusus air seperti olahraga polo air, renang, lompat indah, dan lainnya. Desainnya sedang dicari dan juga investornya. Lokasi di segitiga emas jalan BY Pass Prof Ida Bagus Mantra, Denpasar," paparnya.

Baca Juga:
Jelang Persib-Persija, Pentolan Viking Meninggal
Mantan Pemain Persija Berduka Atas Meninggalnya Pentolan Viking
5 Bentrokan Terakhir Jakmania dan Viking

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini