Chelsea Juara Piala Liga

Oleh Liputan6 pada 26 Feb 2007, 00:40 WIB
img_lampard-2.jpg
Benar saja, Arsene Wenger tidak gentar menurunkan skuad mudanya di partai pemuncak Piala Liga (Carling Cup) di Millennium Stadium, Minggu, 25 Februari. Sementara Chelsea tetap menurunkan skuad terbaiknya, termasuk kapten John Terry yang sebelumnya diragukan tampil karena cedera engkel.

Keberanian Wenger berbuah hasil dengan memimpin terlebih dahulu menit ke-12 melalui Theo Walcott. Namun dua gol dari Didier Drogba mampu membalikkan keadaan, Chelsea akhirnya berhasil unggul 2-1 (1-1) dan tampil sebagai juara.

Partai final tersebut tercemar di penghujung pertandingan dan menjadi anti-klimaks pada pertandingan yang berlangsung menarik. Tiga pemain diusir keluar lapangan karena terlibat perseteruan di lapangan, John Obi Mikel (Chelsea) serta Kolo Toure dan Emmanuel Adebayor (Arsenal).

Skuad muda belia The Gunners tidak berlama-lama demam pangung untuk kemudian menguasai jalannya pertandingan. Setelah menemukan irama permainan, pertahanan The Blues dibuat lintang pukang. Menit kesebelas The Blues mesti berterima kasih kepada Petr Cech yang menggagalkan peluang dari tendangan keras Julio Baptista yang melewati kaki Terry.

Tapi selang semenit gawang Chelsea tidak kuasa menahan gempuran The Gunners. Setelah melakukan kerjasama satu-dua dengan Abou Diaby, Theo Walcott menyelesaikan peluang dengan dingin untuk menaklukkan Cech. 1-0 Arsenal memimpin dan gol tersebut merupakan gol pertamanya untuk The Gunners. Chelsea tidak berlama-lama membiarkan dirinya tertinggal. Menit ke-20 Drogba membawa timnya menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol yang berbau off-side.

Arsenal kembali menekan pertahanan The Blues dari segala sisi. Terry yang pada pertandingan ini secara menakjubkan pulih lebih cepat dari cedera engkelnya, dilarikan ke rumah sakit karena kaki Abou Diaby mendarat tepat diwajahnya dalam sebuah perebutan bola menyambut sepak pojok Arjen Robben. Tendangan Frank Lampard dari luar kotak penalti hanya membentur tiang gawang.

Barulah menit ke-84 Drogba menjadi pahlawan lewat gol penentu kemenangan 2-1. Mendapat umpan crossing dari Robben, sundulan Drogba menyayat gawang Arsenal tanpa mampu dihadang Manuel Almunia. Sayang di penghujung pertandingan terjadi hal yang memalukan saat beberapa pemain dan manajer kedua tim terlibat perselisihan di tengah lapangan. Wasit Howard Webb langsung mengeluarkan tiga kartu merah dan dua kartu kuning atas insiden tersebut.

Susunan pemain:
Chelsea:
Cech; Diarra, Terry (Mikel 63), Carvalho, Bridge; Makelele (Robben 46), Lampard, Ballack, Essien; Shevchenko (Kalou 90), Drogba.
Sent Off: Mikel (90).
Booked: Essien (36), Carvalho (49), Diarra (52), Lampard (90).
Arsenal:
Almunia; Hoyte, Toure, Senderos, Traore (Eboue 66); Walcott, Fabregas, Denilson, Diaby (Hleb 68); Aliadiere (Adebayor 80), Julio Baptista.
Sent Off: Toure (90), Adebayor (90).
Booked: Denilson (29), Eboue (88), Fabregas (90).