Sukses

Profil Bosnia-Herzegovina: Debut di Piala Dunia

Bosnia and Herzegovina memenangkan delapan dari sepuluh pertandingan, dan hanya kalah sekali di babak kualifikasi.

Liputan6.com, Jakarta - Bosnia and Herzegovina memenangkan delapan dari sepuluh pertandingan, dan hanya kalah sekali di babak kualifikasi. Mereka melesakkan 30 gol yang merupakan tertinggi keempat dalam kualifikasi zona Eropa.

Dengan selisih gol, Bosnia mengungguli pesaingnya, Yunani, yang mengantongi poin sama, untuk mengamankan langkahnya ke Brasil 2014 sebagai penampilan pertamanya d Piala Dunia.

Kiprah di Piala Dunia

Piala Dunia 2014 di Brasil merupakan turnamen pertama yang diikuti Bosnia-Herzegovina. Hal ini lantaran negara pecahan Yugoslavia ini selalu gagal lolos babak penyisihan grup.

Pemain Bintang

Edin Dzeko lahir di Sarajevo, Yugoslavia, 17 Maret 1986. Ia merupakan seorang pemain sepakbola profesional berkebangsaan Bosnia-Herzegovina yang bermain sebagai penyerang untuk Manchester City F.C. di Liga Primer Inggris dan timnas Bosnia & Herzegovina.

Džeko memulai kariernya di klub Željezničar dari tahun 2003-2005.Selama di sana, ia bermain sebagai pemain tengah dan tidak begitu sukses dalam posisinya tersebut. Badannya dianggap terlalu tinggi dan kurang mumpuni dari segi teknik. Ia kemudian beralih menjadi striker dan pindah ke Teplice, VfL Wolfsburg dan terakhir Manchester City.

Debut Džeko bersama City terjadi pada pertandingan melawan Wolverhampton Wanderers pada 15 Januari. Pada 25 April 2011, Džeko mencetak gol pertamanya di Liga Primer Inggris ketika mengalahkan Blackburn Rovers 1-0 di Ewood Park.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini