Sukses

Lintasan Parah, Subhan Aksa Sukses Kuasai Hari Pertama

Bergabung dalam Firna Bosowa Rally Team (FBRT) Sport, Subhan Aksa/Hade Mboi sukses memimpin dengan mengukir waktu 56 menit 56,4 detik.

Liputan6.com, Makassar: Dari tujuh Special Stage (SS) yang ada di hari pertama Rally of Celebes, hanya enam yang bisa diarungi. SS6 dibatalkan karena parahnya lintasan akibat guyuran hujan. Hasilnya, para pereli tuan rumah menguasai peringkat teratas.

Bergabung dalam Firna Bosowa Rally Team (FBRT) Sport, andalan tuan rumah Subhan Aksa/Hade Mboi berhasil memimpin dengan mengukir total waktu 56 menit 56,4 detik. Di hari pertama ini, Subhan Aksa/Hade Mboi diikuti Akbar Hadianto/Arianto Syarief, Priamanaya/Herry Kuntoyo, dan Sadikin Aksa/Adi Wibowo yang berada di posisi kedua sampai keempat.

Keempat punggawa FBRT yang memacu Mitsubishi ini unggul jauh atas lawan-lawannya. Subhan sendiri unggul 2 menit 42,5 detik dari Akbar dan itu menjadi modal besar dalam enam SS sisa yang akan dipertandingkan pada Minggu (11/5/2014) di Perkebunan Takalar, Makassar, Sulawesi Selatan.

"Defisit waktu itu sudah sangat sulit dikejar. Tapi kami tak patah semangat. Besok tetap berusaha tampil sebaik mungkin untuk pertahankan posisi kedua," ujar Akbar yang juara nasional 2013 lalu.

Seperti kontestan lain, Akbar menilai hujan yang turun saat lomba berlangsung sangat menyulitkan. Kondisi lintasan sangat licin dan sulit mendapatkan cengkeraman ban.

Hal sebaliknya justru dirasakan Subhan Aksa. Kondisi lintasan yang diguyur hujan dijadikan Subhan sebagai ajang latihan yang sangat ia butuhkan jelang ikuti WRC2 2014.

"Alhamdulillah sejauh ini semuanya berjalan baik. Ban masih dapat grip, hanya saja dibeberapa area masih terasa understeer. Semoga besok semuanya lebih baik," katanya.

Sebelum lomba dimulai, seluruh peserta disibukkan merancang strategi agar bisa bermain dalam kondisi trek basah. Hujan yang terus mengguyur daerah Makassar dan sekitarnya diprediksi akan sangat menyulitkan karena lomba berlangsung di lintasan tanah perkebunan.

Dugaan tersebut ternyata benar. Baru tiga SS berlangsung, sejumlah kontestan sudah berguguran. Pereli dari tim BRM Motorsport yang mewakili Kalimantan Timur, Glenn dan Ryan Nirwan keluar lintasan di SS2. Di lokasi ini pereli papan atas Erwin Manca juga ikut terhenti.

Sementara Ryan yang diharapkan bisa memberikan perlawanan terhadap Subhan dan Akbar hanya bisa bertahan sampai SS3. Subarunya menghantam batu dan langsung terhenti akibat kerusakan parah di bagian kanan depan. (Eky/Van)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini