Sukses

Ingin Gelar PON, Bali Belajar dari Sumsel

Tidak hanya itu, KONI Bali juga berharap bahwa Pemprov Sumsel dan KONI Sumsel bisa memberikan dukungan kepada Pemprov Bali.

Liputan6.com, Palembang Agar bisa menang dalam persaingan tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan digelar pada tahun 2020 mendatang, Provinsi Bali menyambangi Sumatera Selatan (Sumsel) untuk mencuri ilmu menggelar event olahraga dengan sukses.

Diungkapkan Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Bali I Ketut Sudikerta, tujuan pihaknya bertandang ke Sumsel tidak lain agar bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman dari Sumsel yang telah sukses menggelar even nasional maupun internasional.

"Kita juga meminta restu dari pemerintah Sumsel dalam rangka keseriusan dari pemerintah provinsi Bali yang akan menggelar Pekan Olahraga Nasional ke-20 pada tahun 2020 mendatang," urainya seusai menjumpai Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel, Ishak Mekki Diruang rapat Gubernur Pemprov Sumsel, Senin (3/3/2014).

Tidak hanya itu, KONI Bali juga berharap bahwa Pemprov Sumsel dan KONI Sumsel bisa memberikan dukungan kepada Pemprov Bali.

Dalam perebutan tuan rumah PON XX, Pemprov Bali akan bersaing dengan empat provinsi besar yaitu  Aceh, Jawa Tengah (Jateng), Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Papua.

"Provinsi Bali sanggup untuk menjadi tuan rumah PON ke-20 nanti dengan menganggarkan dana sebesar Rp 4 Triliun," katanya.

Anggaran dana tersebut akan dialokasikan untuk pelaksanaan sebesar Rp 1 Miliar dan pembangunan infrastruktur senilai Rp 3 miliar.

Sementara itu, Wagub Sumsel, Ishak Mekki, mengatakan bahwa Pemprov Sumsel siap mendukung Pemprov Bali untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional ke-20 pada tahun 2020 mendatang.

"Diselenggarakannya PON XX tahun 2020 di Bali diharapkan bisa meningkatkan kemajuan perekonomian Bali mulai dari sektor olahraga,  pariwisata dan budaya, yang sesuai dengan tema PON XX  yaitu sport, tourism, and culture," tukasnya.

Ia menilai Bali sudah siap dalam melaksanakan perhelatan setingkat PON XX, seperti sarana prasarana dan Sumber Daya Manusia (SDM). Dibandingkan Sumsel yang masih kalah jauh, namun tetap siap untuk menggelar even olahraga besar.

Sebelumnya, Pemprov Jateng sudah duluan melakukan lawatan untuk belajar dari pengalaman ke Pemprov Sumsel menjadi tuan rumah event olahraga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini