Sukses

Miliarder yang Tak Populer Ini Mencoba Selamatkan Bumi

Namanya mungkin tak sepopuler Bill Gates atau Mark Zuckerberg. Namun miliarder yang satu ini justru punya niat mulia menyelamatkan bumi.

Namanya mungkin tak sepopuler Bill Gates atau Mark Zuckerberg. Namun miliarder yang satu ini justru punya niat mulia untuk menyelamatkan bumi.

Adalah bos perusahaan investasi Farallon Capital Management, Thomas Steyer yang meski menyandang gelar miliarder dunia, namanya tak terlalu dikenal publik.

Seperti dikutip Morris di Motley Fool dari ulasan majalah Fortune, Senin (24/2/2014), pria yang memiliki total kekayaan hingga US$ 2,6 miliar ini terbilang rajin memperhatikan lingkungan. Dia juga mempelopori sejumlah reformasi kebijakan lingkungan di Amerika Serikat (AS).

Stayer juga sangat terbuka dengan berbagai aktivitas politiknya terutama di bidang lingkungan. Dia juga sangat gencar melakukan aksi sosial pada orang-orang tidak mampu atau kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan.

Pada 2012, Stayer bahkan merelakan jabatannya sebagai pimpinan Farallon demi berinvestasi dan fokus lebih dalam pada isu perubahan iklim. Hingga saat ini, dia masih sangat serius melakukan berbagai upaya mengatasi isu perubahan iklim dan mempertahankan lingkungan hijau.

Dia dengan teliti mempelajari berbagai risiko lingkungan yang bisa disebabkan karena bisnisnya. Maklum, dia pernah menjalani sebuah bisnis di bidang energi bersama mantan menteri keuangan AS Hank Paulson dan Gubernur New York Michael Bloomberg.

Dengan tegas, dia mengatakan, bahwa perubahan iklim dan kerusakan lingkungan harus bisa dibingkai dalam konteks ekonomi. Hal itu agar bisnis bisa berjalan lancar dan lingkungan tidak terganggu.

Pria kelahiran New York ini bahkan secara aktif mendonasikan lebih dari US$ 50 juta uangnya hanya untuk membidik berbagai isu lingkungan yang dikhawatirkannya. Dia juga mengumpulkan donasi dari rekan bisnis dan sejumlah miliarder lain untuk menjaga ketahanan lingkungan sekitar.

Dalam perjalanan karirnya hingga saat ini, dia terkenal sebagai salah satu miliarder yang paling keras menyuarakan keharusan membayar pajak bagi para orang kaya.

Kabarnya, miliarder dermawan ini juga bermaksud menyumbangkan seluruh harta kekayaannya saat dia meninggal nanti. Semua hartanya dititipkan pada lembaga sosial yang didirikan Bill Gates, Giving Pledge untuk kemudian disumbangkan pada orang-orang yang membutuhkan. (Sis/Nrm)


*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini