Sukses

Kembali Beroperasi, Ribuan Penumpang Padati Bandara Adi Sutjipto

Bandara Adi Sutjipto kembali beroperasi membuat ribuan penumpang memadati bandara tersebut pada Rabu (19/2/2014).

Ribuan penumpang maskapai penerbangan memadati bandara Adi Sutjipto, Yogyakarta. Hal itu seiring bandara Adi Sucipto mulai kembali beroperasi pukul 12.00 WIB.

Station Manager dan Service PT Garuda Indonesia Tbk, Permadi mengatakan, ada empat penerbangan yang ditunda akibat belum siapnya landasan hingga lima jam.  Hal tersebut membuat tumpukan penumpang maskapai.

Maskapai Garuda Indonesia melakukan penerbangan pertama pukul 12.43 WIB dengan tujuan Yogya-Jakarta. Maskapai pelat merah ini berangkat setelah penerbangan uji coba AU menyatakan telah siap untuk penerbangan.

"Pertama herculesnya take off dulu untuk proving flight setelah itu baru kami berangkat. Pertama yang landing ada Mandala, lalu ada Air Asia baru kami take off. Ya ada penumpukan empat penerbangan. Citilink ditunda jadi ada penumpukan. Penerbangan dilakukan setelah pukul 12.00 wib. Karena kebanyakan penerbangannya pagi hari sehingga menumpuk jadwalnya," kata Permadi, di Bandara Adi Sutjipto Rabu (19/02/2014).

Permadi menjelaskan, hari ini semua penerbangan Garuda mulai kembali normal. Ada 14 penerbangan dari  rute Jogja-Jakarta-Bali-Balikpapan yang sudah kembali seperti semula. Selain itu, ada penambahan penumpang dari peralihan maskapai lain karena belum beroperasi.

"Ada 90% dari kami sementara 10% dari penumpang maskapai lain. Karena Lion tidak terbang hari ini. Mungkin besok sudah terbang," ujar Permadi.

Ia juga mengatakan akan menambah penerbangan jika memungkinkan karena banyaknya penumpang yang tidak tertampung oleh maskapai lain dan dari bandara Solo.

"Extra flight kami lihat kalau ada market kami satu saja ke jakarta," jelas Permadi.

Selain itu, Ia mengharapkan kepada pihak bandara agar melakukan penyiraman periodik dan ketersediaan parkir pesawat.  Saat ini pesawat sulit untuk mendarat di bandara Adi Sutjipto.

"Kami ingin bandara mau melakukan penyiraman periodik ya agar meminimalisir debu. Selain itu juga parkir stand karena tadi pesawat terpaksa berputar-putar  di atas untuk menunggu parkir," ujar Permadi. (Fathi Mahmud)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca juga:

Siap Dibuka, Pembersihan Abu Bandara Adi Soemarmo Hampir Kelar

Maskapai Penerbangan Kembali Mengudara di Bandara Adi Sutjipto




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini