Sukses

Menang Lotere Puluhan Miliar, Gelandangan Hungaria Jadi Aktivis

Pria asal Hungaria, Laszlo Andraschek mengubah nasibnya setelah memenangkan lotere puluhan miliar, dan memilih menjadi aktivis.

Tak punya pekerjaan, dililit utang, dan menghadapi ancaman untuk kembali hidup di jalanan membuat seseorang dapat melakukan apa saja.

Tengok saja, seorang pria asal Hungaria, Laszlo Andraschek yang menghabiskan koin-koin terakhirnya untuk bertaruh membeli sebuah tiket lotre. Tiket yang akhirnya mengubah seluruh kehidupan Andraschek.

Seperti dikutip dari The Guardian, Senin (17/2/2014), pria tersebut akhirnya sukses memenangkan hadiah lotre terbesar senilai 1,7 juta pound sterling atau setara Rp 33,42 miliar (kurs: Rp 19.657 per pound sterling). Dengan hadiah itu, mantan gelandangan tersebut bahkan mampu mengelilingi dunia.

Tak ada yang tahu, kemana Andraschek membawa uang itu pergi. Semuanya jelas, setelah bulan ini pria tersebut memberikan donasi dalam jumlah besar pada sebuah asrama bagi para tuna wisma.

Saat itu, dia tengah berada di sebuah stasiun kereta api untuk menuju Budapest, mengikuti seminar pemulihan kecanduan alkohol. Dia pergi ke sebuah toko untuk membeli tiket lotre yang kemudia mengubah seluruh kehidupannya.

"Saya hanya mengambil enam angka dan sang penjaga toko meminta saya untuk memilih tujuh angka. Sambil mengambil angka ketujuh, saya berkata padanya ini tidak akan mengubah apapun," tuturnya.

Tetapi dia salah, angka ketujuh itulah yang mengantarnya pada sebuah kemenangan besar. Saat ini, dia berencana menggunakan kemenangannya untuk mendirikan yayasan bagi para pecandu alkohol dan wanita yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga.

Pria berusia 55 tahun ini mengaku, saat menerima hadiah, dia menggunakan uang lotrenya untuk melunasi seluruh utang. Setelah itu dia lalu membeli sebuah mobil.

Ada hal unik saat itu, salah satu penjual menyangka Andraschek akan membeli mobil murah karena dia datang menggunakan sepeda. Faktanya, Andraschek memilih mobil  dengan harga mahal.

Tak hanya itu, meski telah membelinya, ternyata Andraschek dan sang istri tidak mampu mengendarai mobil. Kelak anak-anaknya yang kemudian menyetir kendaraan roda empat tersebut.

Dia juga membeli sebuah rumah sederhana untuk menaungi keluarganya dan berencana berlibur ke Italia. Tentu saja dia harus mengurus paspornya terlebih dulu.

Uang ratusan miliar tersebut memang memerlukan berbagai rencana matang untuk menghabiskannya. Bersama sang istri, Aniko, dia berencana akan menginvestasikan uangnya dan menghindar untuk kembali membeli lotre.

"Saya mungkin telah menjadi orang kaya, tapi saya tak berubah. Saya dapat membeli TV berlayar besar karena memang mampu membelinya, tapi saya tak akan beli tiga TV karena tak memiliki cukup uang untuk itu," jelasnya.

Pria pecandu alkohol ini mengaku telah sembuh dari kecanduannya sejak lima tahun lalu dan enggan mencobanya kembali. Hebatnya, setelah punya banyak uang, pria ini justru menjadi salah satu aktivis pejuang hak-hak rakyat kecil. (Sis/Ahm)


*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini