5 Ibu Rumah Tangga yang Sukses Jadi Miliarder

Oleh Siska Amelie F Deil pada 13 Feb 2014, 05:31 WIB
Diperbarui 24 Jan 2017, 10:57 WIB
ibu-rt-miliarder-140212c.jpg
Banyak ibu rumah tangga yang hanya bekerja di rumah mengurus anak tanpa menghasilkan apapun. Padahal, meski diam di rumah sambil mengurus anak, para ibu rumah tangga tetap mampu berbisnis dan mencetak uang hingga triliunan rupiah.

Seperti dikutip dari The Richest, Kamis (13/2/2014), sedikitnya terdapat lima wanita yang berhasil meraup banyak uang dari rumah sambil menjalani tugasnya sebagai seorang ibu. Memang, menjalani bisnis tak selamanya harus berangkat ke kantor dan melulu dengan modal yang besar.

Kadang ide bisnis yang muncul juga sederhana dan datang dari pengalaman pribadi. Salah satu ibu rumah tangga yang sukses menjalani bisnisnya adalah Sara Blakely.

Lewat bisnisnya, dia mampu mencetak uang hingga US$ 1 miliar atau Rp 12,09 triliun (kurs: Rp 12.088 per dolar AS). Berikut lima ibu yang berhasil jadi miliarder dari rumah:
2 of 6

3-ibu-rt-miliarder-140212c.jpg

1. Sara Blakely

Total pendapatan: US$ 1 miliar atau Rp 12,09 triliun (kurs: Rp 12.088 per dolar AS)

Wanita yang satu ini tercatat paling tangguh karena mampu menghasilkan pendapatan terbesar mencapaiĀ  US$ 1 miliar atau Rp 12,09 triliun dengan posisinya sebagai ibu rumah tangga. Pengalamannya sebagai pelatih salesman mengantarkannya pada bisnis Spanx.

Perusahaan pakaian dalam itu sangat terkenal. Mulai dari masyarakat biasa hingga selebriti papan atas menyukainya. Menurutnya, kesukaan wanita pada pakaian merupakan peluang bisnis yang akan senantiasa terbuka lebar bagi siapapun.
3 of 6

2-ibu-rt-miliarder-140212c.jpg

2. Sheri Schmelzer

Total pendapatan: US$ 300 juta atau Rp 3,63 triliun

Gagasan bisnis Schmelzer sudah digunakan banyak orang, yaitu Crocs. Dia melihat adanya kesenjangan di pasar alas kaki tersebut.

Bersama suaminya dia lalu menciptakan produk sepatu dan sandal baru yang mereknya kemudian melambung hingga ke berbagai negara. Hasil kreasi Schmelzer itu kemudian membuatnya mampu mencetak pendapatan hingga US$ 300 juta atau Rp 3,63 triliun.
4 of 6

1-ibu-rt-miliarder-140212c.jpg

3. Stephenie Meyer

Total pendapatan: US$ 125 juta atau Rp 1,51 triliun

Banyak ibu rumah tangga yang hanya bekerja di rumah mengurus anak tanpa menghasilkan apapun. Tetapi tidak dengan Stephenie Meyer.

Ibu dari tiga anak laki-laki ini merupakan penulis novel Twilight yang ternama. Berawal dari imajinasinya tentang romantika vampir dan manusia, dia berhasil menghasilkan tulisan yang kemudian terkenal di berbagai negara.

Tak hanya dari bukunya, dia mampu mencetak banyak uang. Film Twilight yang langsung menarik banyak perhatian memberinya pendapatan hingga US$ 125 juta atau Rp 1,51 triliun.
5 of 6

4-ibu-rt-miliarder-140212c.jpg

4. Sandy Stein

Total pendapatan: US$ 25 juta atau Rp 302,2 miliar

Stein awalnya merupakan seorang pramugari yang telah mengabdi selama 35 tahun dan memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya. Dia memilih tinggal di rumah dan mendirikan bisnis sendiri.

Dia lalu dikenal sebagai `Mom inventor` karena ide bisnis elegannya yang sederhana. Bisnis sederhana itu juga yang membuatnya mampu mencetak pendapatan hingga US$ 25 juta atau Rp 302,2 miliar.

Semua itu diperoleh dari produk ciptaannya Finders Key Purse, alat berbentuk unik dan lucu yang dapat mengunci dompet Anda.
6 of 6

5-ibu-rt-miliarder-140212c.jpg

5. Debra Cohen

Total pendapatan: US$ 3,5 juta atau Rp 42,31 miliar

Awalnya, Debra cohen merupakan seorang pebisnis wanita yang handal. Namun saat hamil, dia memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan fokus merawat sang anak.

Keinginannya sangat kuat untuk melihat bayinya tumbuh sehingga dia tetap membiarkan suaminya saja yang bekerja. Namun lama kelamaan Cohen mulai merasa kesepian setiap kali sang suami pergi kerja dan si bayi tertidur.

Iseng-iseng dia lalu memulai sebuah bisnis baru. Ibu satu anak itu memutuskan untuk membuka jasa perbaikan rumah. Dia meminjam uang dari sang suami sebesar US$ 5.000 untuk memulai bisnisnya.

Sebanyak lima kontraktor menawarkan diri untuk bekerjasama. Pelanggan pertamanya adalah para tetangga yang tinggal di sekitar rumah. Hanya dalam waktu enam bulan, dia berhasil melunasi pinjamannya pada sang suami.

Kini bisnisnya telah berubah menjadi perusahaan beromzet US$ 3,5 juta atau Rp 42,31 miliar. Perusahaan itu dikenal dengan sebutan Home Remedies.(Sis/Nrm)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik diĀ cpns.liputan6.com

Baca juga:

Orang Kaya China Doyan Mengemplang Pajak


Marc Rich, Buronan Pajak yang Dimaafkan Presiden

Kisah Pasukan Khusus Nazi yang Sukses Jadi Miliarder
Lanjutkan Membaca ↓