Sukses

[Market Update] BI Rate Berpotensi Naik?

Suku bunga acuan atau BI Rate diperkirakan tetap di kisaran 7,5% pada Kamis pekan ini.

Bank Indonesia (BI) akan menggelar Rapat Dewan Gubernur (RDG) pada 13 Februari 2014. Salah satu agenda rapat diputuskan mengenai tingkat suku bunga acuan.

Pada Januari lalu, BI masih mempertahankan suku bunga acuan atau BI Rate di level 7,5%. Tingkat suku bunga acuan telah naik sekitar 175 basis poin di  masa kepemimpinan Agus Martowardojo.

Adapun Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan  inflasi Januari 2014 mencapai 1,07% pada Januari 2014. Kenaikan inflasi itu dipicu dari faktor cuaca yang membuat harga pangan naik.

Inflasi cukup tinggi itu diproyeksikan menjadi pertimbangan Bank Indonesia (BI) untuk menetapkan BI Rate. Meski demikian, pasar mengharapkan BI belum perlu menaikkan BI Rate.

Hal itu seiring tingkat komponen inflasi inti yang masih di bawah target yaitu di kisaran 4,5% secara year on year dari perkiraan pasar di level 5%.
Akan tetapi, bank sentral Amerika Serikat (AS), The Federal Reserve yang tetap melanjutkan program penarikan dana stimulusnya (tapering off) juga menjadi pertimbangan BI.

Hal itu dilakukan untuk menjaga nilai tukar rupiah. Saat ini nilai tukar rupiah masih berada di kisaran 12 ribu terhadap dolar AS. Lalu apakah BI Rate berpotensi naik pada bulan ini? Berikut wawancara Liputan6.com dengan Analis PT Recapital Securities Agustini Hamid: (Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.