Sukses

Perbaikan Lubang di Pantura Sementara Pakai Pasir dan Batu

Kementerian Pekerjaan Umum melakukan langkah sementara perbaikan jalan dengan menggunakan batu dan pasir di jalur pantura.

Curah hujan tinggi dan banjir yang menggenangi beberapa titik wilayah Indonesia mengakibatkan timbulnya lubang pada jalan sehingga rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

Untuk mengatasi kondisi tanggap darurat ini, Kementerian Pekerjaan Umum (PU) menyatakan telah melakukan langkah sementara dengan perbaikan jalan.

Menteri PU, Djoko Kirmanto mengatakan, seperti pada jalur Pantai Utara (Pantura), perbaikan jalan sementara ini dengan mengisi lubang-lubang di jalan tersebut dengan pasir dan batu.

"Pada bulan ini kami terus perbaiki. Jadi kalau ada lubang masih kami berikan agregat dengan memasukan batu-batu dan pasir, memang berkali hancur kami masukan lagi," ujar Djoko di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (11/2/2014).

Dia menjelaskan, hal ini dilakukan sambil menunggu lelang proyek perbaikan rampung. Untuk perbaikan sendiri, Kementerian PU menyiapkan anggaran sebesar Rp 2,1 triliun dari anggaran reguler perbaikan dan pembangunan jalan, termasuk dalam kondisi tanggap darurat seperti saat ini.

"Sehingga awal Maret hujan sudah berhenti langsung kami kerjakan sehingga jelang Lebaran diharapkan selesai. Kalau kami biarkan sampai kering dan tidak melakukan apa-apa, makin lama makin dalam, membahayakan lalu lintas yang lewat di sana," lanjutnya.

Menurut Djoko, sebenarnya perbaikan jalan pada jalur pantura akan dilakukan pada Maret, tetapi lubang yang terbentuk cukup lebar akibat tergerus air dan beratnya beban dari kendaraan yang melintasi jalur tersebut membuat pihaknya melakukan langkah sementara ini.

"Bulan Februari mulai melakukan tanggap darurat, pada 7 Februari tepatnya hari Jumat, saat Presiden sudah melihat lubang ditutup tetapi dilewati truk sekali hancur lagi. Mulai Sabtu dan Jumat sore kami rapat, hari Sabtu kami mulai kerja untuk menutup lubang dibantu tentara," jelasnya.

Data yang disampaikan oleh tim kerja DPR menyebutkan ada sekitar 5 ribu hingga 15 ribu lubang di jalur Pantura, dari total panjang jalur 1.300 km. Sementara untuk jalan yang sudah di beton baru mencapai 270 km. (Dny/Ahm)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com


Baca juga:

RI Anggarkan Dana Infrastruktur Rp 206 Triliun pada 2014

Jadi Urat Nadi Ekonomi RI, Jalur Pantura Segera Diperbaiki

Pemerintah Siapkan Rp 43 Triliun Buat Jalan Rusak Akibat Banjir




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini