Dahlan Iskan: Pohon Kina Tak Boleh Punah

Oleh Ilyas Istianur Praditya pada 11 Feb 2014, 16:50 WIB
Diperbarui 24 Jan 2017, 05:56 WIB
dahlan-sadap130628b.jpg
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan prihatin terhadap bisnis hasil penanaman pohon kina yang dilakukan PT Perkebunan Nusantara VIII tidak memberikan keuntungan. Padahal program penanaman pohon kina ini sudah berjalan selama kurang lebih satu dekade.

"Jadi kina itu kan legendaris sekali, ternyata bisnis kina di PTPN VIII hanya sekali yang tidak rugi, itu pun untungnya tidak banyak," kata Dahlan di kantornya, Selasa (11/2/2014).

Meski penanaman pohon kina masih menimbulkan kerugian, Dahlan menegaskan, pohon Kina tidak boleh punah. Ia pun memikirkan strategi bagaimana cara menanam pohon kina dengan hasil menguntungkan.

"Tidak boleh lagi Kina itu punah lah. PTPN VIII akan membuat kebun Kina 300 hektar di Bandung Barat di tempat aslinya Kina ditemukan.  Kimia Farma akan menjadi pembelinya, dan sudah sepakat bahwa Kina harus dilestarikan, tidak boleh terus menerus menimbulkan kerugian di perusahaan," ujar Dahlan.

Pembelian oleh Kimia Farma tersebut nantinya akan diolah untuk dijadikan bentuk obat-obatan yang salah satunya adalah untuk obat penyakit malaria. Mantan Direktur Utama PLN itu juga mengharapkan, sistem pengembangan pohon Kina perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan produksi Kina.

"Produktivitas Kina harus lebih baik dari dulu, harus di sistem perkebunan yang bagus," tutur Dahlan. (Yas/Ahm)



*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com