Kereta Shinkansen RI Bisa Buat Maskapai Gulung Tikar

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 02 Feb 2014, 15:30 WIB
Diperbarui 23 Jan 2017, 12:27 WIB
shinkansen-140128c.jpg
Rencana pembangunan kereta supercepat Shinkansen rute Jakarta-Surabaya bakal mendorong peralihan moda transportasi masyarakat. Maskapai penerbangan diperkirakan bakal mengalami kerugian terbesar.

Dalam skala lebih besar, maskapai penerbangan yang melayani rute-rute sama seperti kereta Shinkansen bakal gulung tikar.

"Jakarta- surabaya itu sudah dibandingkan dengan beberapa kota di dunia, dari Paris Bursel, ada kereta 2 jam (jarak tempuh). Itu membuat gulung tikar maskapai pesawat," ujar Pengamat Transportasi dari Universitas Gajah Mada Joko Stijowarno kepada Liputan6.com.

Joko menjelaskan, dengan jarak tempuh yang dekat menuju stasiun, masyarakat yang tadinya menggunakan pesawat akan beralih menggunakan kereta cepat.

Namun pemerintah tetap disaranakan untuk segera memperluas fasilitas transportasi masal kereta supercepat. Lewat moda transportasi ini, kepadatan pesawat yang selama ini terjadi di Bandara bisa segera teratasi.

Menurut Joko, pemerintah yang baru bahkan seharusnya mulai memikirkan pembangunan kereta cepat dengan berbagai kota tujuan di pulau Jawa. Dengan cara seperti ini, rute penerbangan dalam satu pulau bisa dihilangkan atau dikurangi.

"Bisa dikurangi, bisa untuk penerbangan antar pulau, jadi penerbangan di pulau Jawa dihilangkan saja. Seperti Semarang-Jakarta tidak perlu pesawat lagi," ungkapnya.(Pew/Shd)

Baca juga

Perlukah RI Bangun Kereta Super Cepat Shinkansen?

Pengusaha Tak Keberatan Harga Tiket Kereta Shinkansen Rp 200 Ribu

Bos Kadin: RI Butuh Kereta 200 Km/Jam, Tak Secepat Shinkansen

Kereta Shinkansen Jakarta-Bandung Dirancang Melayang

Live Streaming

Powered by