Sukses

Sidak ke Pasar Cipinang, Hatta: Ada Beras Penghitam Rambut?

"Ada (beras) yang bisa menghitamkan rambut tidak?"tanya Menko Perekonomian Hatta Rajasa ke salah satu pedagang di Pasar Cipinang.

Banjir yang menggenang di beberapa wilayah di Indonesia dikhawatirkan menganggu suplai dan pasokan beras. Kecemasan ini mendorong Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke pasar Cipinang, Jakarta Timur.

Menurut pantauan Liputan6.com, menggunakan kemeja berwarna biru laut dan rompi hitam, Hatta langsung mendatangi kios beras di pasar Cipinang milik Ayong.

Hatta banyak melontarkan pertanyaan mengenai suplai dan pasokan beras dari Perum Bulog. "Beras Bulog di sini di jual berapa?," tanya dia kepada Ayong di Jakarta, Rabu (22/1/2014).

Lalu Ayong dengan sigap menjawab, "Kami jual dengan harga Rp 7.100 per kilogram (kg) untuk operasi pasar. Sedangkan kami beli dari Bulog Rp 6.900 per kg, jadi lumayan marjinnya," tuturnya.

Ayong mengakui bahwa suplai beras tersendat selama dua hari kemarin. Penyebabnya, karena beberapa titik distribusi seperti Pantura banjir, sehingga menghambat distribusi beras ke Jakarta.

"Akses dua hari lalu terputus tapi sekarang normal lagi. Tapi kasihannya distribusi ke daerah-daerah terpencil semakin sulit. Ini yang perlu diperhatikan," kata dia.

Sementara itu, Hatta mengakui, biasanya suplai beras ke pasar Cipinang bisa mencapai 2.000-3.000 ton per hari. "Namun dua hari lalu justru menurun menjadi 1.000 ton per hari. Dan hari ini sudah mulai naik lagi menjadi 1.500 ton," jelasnya.

Saat perbincangannya dengan pedagang beras di Cipinang, Hatta mendapati beras merah ada di kios tersebut dan langsung diguyoni oleh Ayong bahwa beras tersebut sebagai obat awet muda.

Mendengar lelucon itu, Hatta langsung menanggapi," Ada (beras) yang bisa menghitamkan rambut tidak?," canda dia.

Dalam sidak kali ini, Hatta ditemani oleh Wakil Menteri Perdagangan Bayu Khrisnamurti, Menteri Pertanian Suswono, Menteri Kelautan dan Perikanan Syarief Cicip Sutardjo, Kepala BPS Suryamin dan Direktur Utama Bulog Sutarto Alimoeso. (Fik/Ndw)

Baca juga:

Banjir Bikin Penjualan Pedagang Pasar Cipinang Anjlok hingga 50%

 

Stok Menipis, Harga Beras Pasar Cipinang Naik

 

Stok Beras di Pasar Cipinang Anjlok

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini