Sukses

Harga Minyak Naik 1% Terpicu Peningkatan Pasar Saham

Harga minyak naik hampir 1% pada perdagangan Rabu (15/1/2014) pagi ini seiring kenaikan pasar saham.

Harga minyak naik hampir 1% pada perdagangan Rabu (15/1/2014) pagi ini seiring kenaikan pasar saham.

Melansir Associated Press, harga minyak mentah Amerika Serikat untuk pengiriman Februari naik 79 sen menjadi US$ 92,59 per barel di New York.

Minyak mentah Brent, yang digunakan untuk menetapkan harga varietas internasional minyak mentah yang digunakan banyak kilang AS, turun 86 sen menjadi US$ 106,39 di London .

"Keseluruhan prospek harga minyak telah diambil semakin dicampur dengan dua benchmark minyak mentah utama menanggapi perbedaan pengaruh," tulis analis energi Jim Ritterbusch.

Ini karena pasar saham AS tercatat naik 0,9%, sebagian karena penguatan penjualan ritel di atas harapan. Itu bisa berarti permintaan untuk bahan bakar, yang telah meningkat di Amerika Serikat dalam beberapa bulan terakhir , dapat terus tumbuh.

Namun, harga minyak AS telah jatuh terus sejak awal tahun karena pasokan minyak mentah tersedia cukup banyak untuk mengimbangi kenaikan permintaan. Harga pada rabu ini menjadi keuntungan ketiga bulanan untuk minyak mentah AS.

Di sisi lain, pasokan global tercatat masih bisa meningkat, yang bisa berarti harga yang lebih rendah untuk minyak mentah internasional. Produksi minyak mentah Libya mulai meningkat setelah protes dan kerusuhan berakhir pada akhir tahun lalu.

Kemudian adannya perjanjian antara Iran dan enam kekuatan dunia dapat memungkinkan industri minyak Iran, yang ekspornya sangat dibatasi oleh sanksi atas program nuklirnya, untuk menjual lebih banyak memasok minyak mentah setelah kesepakatan berlaku 20 Januari nanti.

Akhir pekan ini , investor akan memantau informasi baru mengenai stok AS produk kasar dan halus . Data untuk pekan yang berakhir 10 Januari diperkirakan akan menunjukkan hasil imbang dari 1,6 juta barel dalam stok minyak mentah.

Hal ini juga diharapkan menunjukkan peningkatan dari 1,7 juta barel dalam stok bensin, menurut survei analis Platts, badan informasi energi McGraw - Hill Cos

Hasil imbang tersebut diharapkan akan menjadi penurunan berturut-turut ketujuh dalam persediaan minyak mentah AS. Laporan dari Information Administration Departemen Energi Energi yang kerap jadi patokan pasar akan keluar pada hari Rabu waktu setempat. (Nrm)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini