BCA Buka 50 Kantor Cabang Baru di 2014

Oleh Fiki Ariyanti pada 31 Des 2013, 10:06 WIB
Diperbarui 31 Des 2013, 10:06 WIB
bca-bank130327b.jpg
Perbesar

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berencana membuka 50 kantor cabang baru pada tahun depan. Tak hanya itu, perseroan juga bakal menambah ribuan mesin ATM yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia

Direktur Utama BCA, Jahja Setiatmadja mengungkapkan, pihaknya akan menambah jumlah kantor cabang, ATM, dan merekrut lebih banyak lagi merchant supaya menggenjot transaksi kartu debet maupun kartu kredit perseroan.

"Kami akan membuka sekitar 50 kantor cabang baru. Sedangkan penggantian mesin ATM lama maupun penambahan ATM baru masing-masing sebanyak 1.000 unit dan 3.600 unit," ujarnya saat di Jakarta, seperti ditulis Selasa (31/12/2013).

Kantor cabang dan ribuan ATM tersebut, menurut dia, akan berlokasi di wilayah Jabodetabek, Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur hingga Papua.

Jahja mempertimbangkan kebutuhan ini mendesak lantaran perseroan harus mencari alternatif pembiayaan bank bukan saja bersumber dari deposito, tapi juga menggenjot pertumbuhan payment seperti pengembangan giro dan tabungan.

"Kami akan coba mengembangkan secara merata sambil melihat volume bisnis di masing-masing daerah. Volume bisnis yang meningkat otomatis akan menambah layanan di sana," tukasnya.

Dia memperkirakan target laba bersih tahun ini akan melampaui target. Pasalnya pertumbuhan kredit mencapai 22% atau jauh dari proyeksi awal sekitar 18%-20%.

"Persoalan likuiditas tidak masalah, karena kami kebetulan salah satu bank yang punya loan to deposit ratio sekitar 74%-76%. Maka itu, bunga deposito berjangka BCA masih 7,25%, sedangkan bank lain sudah mencapai 10%-11%. Jadi kalau untuk likuiditas, kami masih baik sekali," pungkas Jahja. (Fik/Ndw)

Baca juga:

Kartu Prabayar BCA Bisa Dipakai Bayar Tiket Kereta Commuter

BCA Kurangi Pemberian KPR Mulai Tahun Depan

Bunga Kredit BCA Bakal Naik 0,5%