Sukses

Pengumuman CPNS di Papua Tertunda Sampai Januari 2014?

Sesuai jadwal, pengumuman hasil tes CPNS akan dilakukan hari ini.

Pengumuman penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2013 diumumkan secara serentak hari ini. Sayangnya hasil pengumuman yang telah lama ditunggu tersebut belum bisa diketahui warga Papua dalam waktu dekat karena tertunda hingga awal tahun depan.

"Daerah yang menunda pengumuman CPNS 2013 contohnya daerah Papua dan Papua Barat," kata Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB), Setiawan Wangsa Atmaja saat ditemui Liputan6.con di kantornya, Senin (23/12/2013).

Setiawan menjelaskan, alasan penundaan pengumuman hasil tes CPNS di kedua wilayah itu dikarenakan Kemenpan-RB belum dapat menyesuaikan biodata peserta ujian seleksi dengan hasil tes. Inilah yang menjadi kendala bagi pemerintah menunda hasil pengumuman CPNS.

"Biodata mereka belum singkron, jadi kami masih perlu menyingkronkan biodata peserta karena masih ada perbedaan. Mereka sudah ikut tes, tapi kan harus di kroscek lebih dulu (dengan biodata)," terang dia.

Setiawan berharap, proses penyatuan itu bisa rampung awal tahun depan, supaya hasil seleksi CPNS dapat segera diumumkan. "Tunda sampai Januari, kira-kira minggu pertama atau kedua baru bisa dirilis," pungkasnya.

Sebelumnya Menteri PAN dan) Azwar Abubakar memperkirakan pengumuman CPNS di wilayah Papua bakal molor dari jadwal. "Mungkin besok diumumkan serentak kecuali Papua," ungkap dia.

Azwar menjelaskan, keputusan penundaan pengumuman hasil tes CPNS di wilayah Papua dikarenakan sebagian besar penduduk di daerah tersebut tengah bersiap jelang perayaan Hari Raya Natal. Untuk diketahui, mayoritas penduduk di Papua merupakan umat Nasrani.

"Papua minta supaya pengumuman CPNS dilakukan setelah peringatan Natal. Ya sudah disepakati agar bisa menjaga kenyamanan beribadah dan menjalankan hari raya," paparnya.(Fik/Shd)

Baca Juga


1,5 Juta WNI Berebut Kursi PNS, Berapa yang Terpilih?

Hasil Tes CPNS Bakal Diumumkan Serentak pada 24 Desember

Ribuan Peserta Berebut Kursi PNS Kemenhub

45 PNS Dipecat di Oktober Ini, Apa Saja Penyebabnya?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini