Isuzu Bangun Pabrik Baru Berkapasitas 80 Ribu Unit

Oleh Septian Deny pada 22 Nov 2013, 18:50 WIB
Diperbarui 22 Nov 2013, 18:50 WIB
isuzu-industri-mobil-130923c.jpg
Perbesar

PT Isuzu Astra Motor Indonesia saat ini tengah membangun pabrik guna meningkatkan kapasitas produksi mobil jenis komersial yang menjadi andalan produsen mobil tersebut. Pabrik ini akan selesai dibangun pada 2014.

"Saat ini kami sedang membangun pabrik baru karena yang pabrik yang sekarang sudah tidak mampu menampung, sehingga untuk meningkatkan kapasitas produksinya makanya harus dibesarkan," ujar Marketing Communication Departement PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Puti Annisa M saat diskusi Forum Wartawan Industri, di Bandung, Jawa Barat, Jumat (22/11/2013).

Puti menjelaskan, pabrik ini dibangun di atas lahan seluas 30 hektar (ha) di kawasan Suryacipta City of Industry, Cibitung, Jawa Barat dengan nilai investasi mencapai Rp 1,3 triliun.

"Nilai investasi ini baru masih nilai awal, karena setiap investasi nantinya akan ada invetasi lanjutan untuk berbagai macam kebutuhan pabriknya," lanjut Puti.

Pabrik baru ini rencananya selesai pada akhir tahun 2014 dengan target kapasitas produksi mencapai 80 ribu unit per tahun, meningkat sekitar 40% dari kapasitas pabrik sebelumnya yang hanya sebesar 45 ribu unit per tahun.

"Untuk pabrik yang lama nanti kemungkinan akan dialihkan fungsinya untuk memperbesar gudang spare part kita. Karena spare part ini menjadi bagian penting, konsumen ketika membeli mobil pasti mempertanyakan soal kemudahan untuk mendapatkan spare part ini," kata Puti.

Menurut Puti, pabrik ini akan lebih fokus untuk memproduksi jenis kendaraan light truck dan medium truck. Diharapkan pabrik ini juga akan mampu menyerap sekitar 1.200 pekerja sehingga dapat membantu mengurangi angka pengangguran. (Dny/Ahm)