Sukses

PTPN XII Diminta Bangun Kawasan Industri di Jawa Timur

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan meminta PT Perkebunan Nusantara XII untuk mengembangkan kawasan industri di Jawa Timur.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan meminta PT Perkebunan Nusantara XII untuk mengembangkan kawasan industri di Jawa Timur.

Pengembangan kawasan itu dilakukan mengingat saat ini ada 1.000 hektar lahan di pinggiran pantai di Banyuwangi, Jember dan Situbondo milik PTPN XII yang kurang produktif.

"Saya minta untuk pengembangan wilayah Jawa bagian timur ada sekitar 1.000 hektar tanah pingir pantai miliik PTPN XII yang kurang produksi dijadikan kawasan industri," kata Dahlan saat ditemui usai menggelar rapat pimpinan di PT Dok Koja Bahari, Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (21/11/2013).

Selain itu menurut Dahlan ekonomi di sekitar wilayah tersebut juga dinilai masih kurang berkembang. Dengan adanya pembangunan ini diharapkan mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah tersebut.

Lebih lanjut, menurut dia, saat ini mulai banyak investor investor yang menyatakan rencananya akan masuk ke Banyuwangi untuk pengembangan bisnisnya maupun relokasi usahanya. Dengan adanya kawasan industri ini nantinya para investor tersebut akan berada dalam satu tempat dan menjadikan tata kota lebih teratur.

Untuk menyukseskan proyek tersebut Dahlan mengizinkan PTPN XII untuk bekerjasama demi mendapatkan permodalan dan operasional pembangunan lebih ringan.

"Boleh bekerja sama dengan Pelindo III karena Pelindo memiliki pelabuhan besar di Banyuwangi tapi kurang bermanfaat karena ekonomi kurang maju, jadi nanti dengan adanya kawasan industri maka ekonomi wilyah sana akan maju, dan pelabuhan Pelindo III maju. Karena bangun pelabuhan kan mahal," papar Dahlan. (Yas/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.