Sukses

Boyong Body Care, Induk Unilever Harus Bayar Ratusan Kali Lipat

Harga saham Unilever Body Care pada penutupan 2009 berada di level 2.250. Kini publik hanya mau melepas di harga Rp 372 ribu per saham.

PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) mengaku upaya kelompok bisnisnya menguasai PT Unilever Body Care Indonesia harus dilalui dengan merogoh kocek cukup dalam. Body Care sendiri sudah menjadi perusahaan tertutup (go private) sejak 2009.

PT Unilever Indonesia dan PT Unilever Body Care Indonesia merupakan naungan anak usaha dari Unilever Indonesia Holding BV.

Direktur Eksternal Relation Unilever, Sancoyo Antarikso mengatakan, Unilever Indonesia Holding BV memiliki rencana untuk membeli sisa saham kepemilikan publik yang masih tersisa di PT Unilever Body Care Indonesia. Untuk mewujudkan misinya itu, Unilevel harus membayar harga penawaran hingga Rp 372 ribu per lembar saham.

"Penetapan harga penawaran yang sekarang meningkat ratusan kali lipat menjadi Rp 372 ribu per lembar saham, dari harga saat Unilever Body Care Indonesia di delisting dari Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2009 sebesar Rp 2.250 per lembar," ujar Sancoyo ketika ditemui usai RUPSLB UNVR di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis (24/10/2013)

Sisa saham Unilever Body Care Indonesia yang masih dimiliki publik tercatat sebanyak 1,5 juta lembar saham atau setara 1,7% dari total seluruh saham.

Untuk menguasai sepenuhnya saham Unilever Body Care Indonesia yang masih ada di publik, induk usaha Unilever paling tidak harus menyediakan anggaran sebesar Rp 558 miliar.

Sebagai informasi, Unilever Body Care Indonesia pertama kali masuk ke pasar modal Indonesia pada 2007 dengan kode emiten PROD. Dua tahun kemudian, PROD memutuskan delisting dari Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2009.

Aksi go private ini ditempuh seiring rencana perusahaan untuk memiliki sepenuhnya saham yang ada di publik. (Dis/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.