Sukses

Anggaran `Sail Raja Ampat` Ditolak DPR

Badan Anggaran DPR akhirnya menyetujui pagu anggaran tahun depan dari tiga Kementerian Koordinator (Kemenko) senilai Rp 1,05 triliun.

Badan Anggaran (Banggar) DPR akhirnya menyetujui pagu anggaran tahun depan dari tiga Kementerian Koordinator (Kemenko) senilai Rp 1,05 triliun. Rinciannya, Kemenko Politik Hukum dan Keamanan sebesar Rp 514,35 miliar, Kemenko Perekonomian Rp 317,45 miliar dan Kemenko Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Rp 218 miliar.

"Kami menyetujui pagu anggaran ketiga Kemenko dengan nilai masing-masing yang telah diajukan. Persetujuan ini juga berikut dengan program dan kegiatan Kemenko tersebut," ujar Ketua Banggar DPR Ahmadi Noor Supit menutup Rapat Kerja Anggaran 2014 Tiga Kemenko di Jakarta, Selasa (22/10/2013).

Hanya saja, kata dia, usulan tambahan anggaran senilai Rp 80 miliar untuk berbagai program Kemenko Kesra serta seluruh kegiatan Sail Raja Ampat tahun 2014 sebesar Rp 88,1 miliar akan dibahas kembali dengan Menteri Keuangan (Menkeu) pada 23 November ini.

"Selain pagu anggaran Kemenko Kesra, yakni usulan tambahan anggaran tahun depan akan ditetapkan bersama Menkeu di rapat selanjutnya pada 23 November 2013," terang dia.

Sementara itu, Menko Kesra Agung Laksono usai Raker optiomistis usulan anggaran akan sebesar Rp 80 miliar dan Rp 88,1 miliar akan disetujui Menkeu dan Banggar.

"Ini kan program nasional dalam rangka mempercepat Sail Raja Ampat termasuk sosialisasi dan kegiatan sail ini," tuturnya.

Kemenko Kesra mengusulkan tambahan anggaran 2014 mencapai Rp 80 miliar. Dana terbesar justru dialokasikan untuk rehabilitasi gedung Kemenko Kesra dan pengadaan alat perpustakaan sebesar Rp 11,5 miliar.

Sedangkan anggaran sebesar Rp 10,5 miliar bakal digelontorkan untuk koordinasi penanggulangan HIV/AIDS Nasional. Sedangkan anggaran koordinasi penanganan masalah-masalah strategis bidang kesra sebesar Rp 8 miliar. Program sosialisasi BPJS sebesar Rp 5,5 miliar. (Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini