PNS AS Mulai Gajian Lagi 25 Oktober

Oleh Ilyas Istianur Praditya pada 19 Okt 2013, 09:40 WIB
Diperbarui 19 Okt 2013, 09:40 WIB
gaji-amerika-131018c.jpg
Perbesar
Setelah para pekerja di Amerika Serikat (AS) dianggurkan sementara akibat berhentinya pelayanan pemerintah (shutdown) selama dua minggu, akhirnya para pekerja di kantor pemerintahan AS bakal menerima gaji pada 25 Oktober 2013.

Dikutip dari CNN Money, Sabtu (19/10/2013) kesepakatan kongres AS juga telah membuka jalan bagi pemerintahan Obama untuk menaikkan upah minimal para pekerja pada tahun depan sebesar 1%.

Hal ini nampaknya akan menjadi angin segar bagi para pekerja pemerintah AS yang mayoritas berpenghasilan setiap seminggu sekali. Namun nantinya penggajian pada 25 Oktober itu akan sangat tergantung pada kebijakan lembaga atau perusahaan masing-masing.

National Treasury Employees Union President, Colleen M. Kelley hingga saat ini masih terus berbicara dengan beberapa lembaga untuk membayarkan gaji para pekerja lebih cepat tanpa harus menunggu pada 25 Oktober. Bahkan kelly juga menghimbau untuk memberikan tambahan gaji sebelum para pekerja menerima gaji di tahap selanjutnya.

"Banyak para pekerja di negara ini baru akan menerima gaji pada hari Selasa (29/10/2013), itu berarti mereka harus menunggu setidaknya dua minggu lagi untuk itu," kata Kelly.

Kenaikan gaji mulai Januari 2014 dinilai sudah sangat tepat mengingat para pegawai pemerintah di Amerika selama tiga tahun masih hidup dalam kondisi pas-pasan di tengan ekonomi Amerika yang terus berkembang.

"Janji sederhana mengenai kenaikan gaji merupakan langkah pertama yang baik di tahun depan untuk lebih menghargai para pekerja," kata Senator Barbara Milkulski. (Yas/Ndw)