Sukses

PT INKA Diincar Bangun Gerbong Kereta di Afrika Selatan

PT INKA dilirik pemerintah Afrika Selatan untuk mengerjakan proyek pembuatan gerbong kereta api barang dan penumpang.

Badan Usaha Milik Negara PT Industri Kereta Api (INKA) dilirik pemerintah Afrika Selatan untuk mengerjakan proyek pembuatan gerbong kereta api barang dan penumpang.

"Sudah sukses penandatanganan kerjasama membuat single house, kini PT INKA dilirik oleh pemerintah Afrika Selatan untuk membuat gerbong kereta api barang dan penumpang. Langkah ini nanti akan dibicarakan lagi secara baik," ujar Duta Besar Indonesia untuk Afrika Selatan Sjahril Sabruddin ketika ditemui di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Jumat (18/10/2013).

Menurut Sjahril, adapun minat Afrika Selatan menunjuk PT INKA membuat kereta api karena negara ini memiliki program pengangkutan berbasis kereta api pada 2020. Pasalnya, moda angkutan kereta api jauh lebih cepat dan efisien.

"Di saat tahun 2020 mereka memiliki kebijaksanaan yang baru, bahwa angkutan di sana didorong menjadi berbasis kereta api, karena pemeliharaan jalan raya jauh lebih mahal, jika dibanding penghasilan yang didapatkan," tegas dia.

Adapun syarat-syarat yang diajukan Afrika Selatan dalam merealisasikan rencana ini adalah PT INKA harus dapat mentransfer teknologi.

Selain itu, PT INKA harus menyerap lebih banyak tingkat kandungan lokal selama pembuatan gerbong tersebut dari Afrika Selatan.

Ketika syarat-syarat itu sudah bisa dipenuhi, maka syarat itu akan menjadi suatu keunggulan yang terbaik. Sehingga keinginan kerjasama dalam membuat gerbong kereta api akan bisa tercapai.

"Untuk kandungan lokal gerbongnya harus tinggi jika INKA membuat disana dan juga INKA harus memberikan teknologi khusus kepada mereka," ungkap Sjahril. (Dis/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.