Sukses

8 Waktu yang Pas Buat Cari Pekerjaan Baru

Merasa bosan dengan karir Anda dan ingin mencari pekerjaan baru? Pastikan Anda melakukannya di saat yang tepat.

Merasa bosan dengan karir Anda dan ingin mencari pekerjaan baru? Pastikan Anda melakukannya di saat yang tepat. Seringkali terburu-buru memulainya justru menyulitkan seseorang untuk memperoleh pekerjaan baru.

Seperti dikutip dari Forbes, Sabtu (19/10/2013), terdapat beberapa waktu yang tepat untuk berhenti dan mencari pekerjaan baru. Setelah tahun baru disebut-sebut sebagai salah satu waktu yang tepat untuk memulai karir baru. Hal ini mengingat banyak manajer yang mengingkan suasana berbeda dengan merekrut karyawan baru.

Selain itu, setelah berlibur juga disebut sebagai waktu yang tepat untuk memulai pekerjaan lain. Lengkapnya, berikut delapan waktu yang tepat untuk berhenti dan mencari pekerjaan baru:


1. Saat merasa sudah siap

Menurut penulis buku `From Graduation to Corporation: The Practical Guide to Climbing the Corporate Ladder One Rung at a Time` Andy Tech, waktu yang tepat untuk mencari kerja adalah seseorang menginginkan pekerjaan baru. Saat menginginkan pekerjaan baru, artinya Anda sudah siap untuk mulai mencarinya.

Lagipula tak ada salahnya mulai mencari pekerjaan bahkan sebelum Anda merasa siap. Justru jangan tunggu sampai terlambat.


2. Setelah liburan panjang


Jika saat ini Anda memiliki rencana untuk libur panjang, maka bersiaplah untuk mencari pekerjaan baru setelah Anda kembali dari liburan tersebut. Anda tentu tak mau mengajukan pengunduran diri saat masih sibuk bekerja di kantor.

Baiknya ambil cuti untuk berlibur dan biasakan rekan di kantor tidak melihat kehadiran Anda selama beberapa waktu. Setelah libur, mulailah untuk mencari pekerjaan baru.


3. Setelah tahun baru


Teach mengungkapkan, tahun baru merupakan saat yang tepat untuk mencari pekerjaan baru. Hal ini mengingat Januari adalah awal tahun di mana Anda akan memiliki semangat baru untuk memulai hal yang baru pula. Tak menutup kemungkinan, awal tahun menjadi waktu di mana para manajer mencari karyawan baru di perusahaannya.


4. Setelah terjadi perubahan besar dalam hidup


Memulai kehidupan rumah tangga dan memiliki anak seringkali menjadi alasan untuk berhenti kerja lalu memulai karir yang baru. Jika Anda sedang hamil atau baru bercerai, baiknya jangan mencari pekerjaan dalam kondisi tersebut.

Hal ini mengingat mencari pekerjaan baru membutuhkan waktu dan tenaga serta situasi pribadi yang stabil. Setelah Anda berhasil melaluinya, barulah Anda mencoba untuk mencari pekerjaan baru.


5. Saat tak butuh pekerjaan baru


Salah satu waktu terbaik untuk mencari kerja adalah saat Anda sedang tak membutuhkannya. Seringkali perasaan tentang baiknya pekerjaan Anda sekarang dan tak ada yang mendesak membuat Anda menunda untuk mencari pekerjaan baru. Peluang emas seringkali hanya datang sekali, maka manfaatkan kesempatan tersebut bahkan saat Anda belum memilikinya.


6. Sebelum membenci pekerjaan Anda


Beberapa orang lebih memilih sampai dirinya membenci pekerjaannya sebelum akhirnya memutuskan untuk mencari pekerjaan baru. Masalahnya, saat itu Anda tengah berada di bawah tekanan dan merasa tidak senang.

Hal ini dapat mengganggu kepribadian Anda saat mencari kerja. Maka carilah pekerjaan sebelum Anda membenci pekerjaan yang sekarang tengah dilakoni.


7. Saat punya cukup waktu


Wakil Presiden Bagian Pengembangan Bisnis dan Servis Klien di Great on the Job Marjie Terry mengimbau untuk memastikan Anda punya cukup waktu untuk mencari pekerjaan. Pastikan Anda juga membangun kontak dengan sejumlah perusahaan lain dengan waktu yang Anda miliki.


8. Ada Lowongan kerja menarik


Jika Anda menemukan perusahaan dambaan Anda membuka lowongan kerja, segera coba untuk melamar di tempat tersebut. Jangan coba untuk bertahan jika perusahaan lain menawarkan stabilitas finansial yang lebih baik.  (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.