Sukses

Pemudik Sepeda Motor Ke Sumatera Naik 6 Kali Lipat

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat adanya peningkatan penyeberangan kendaraan bermotor ke Sumatera melalui Pelabuhan Merak.

Di masa liburan Idul Adha tahun ini,  PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat adanya peningkatan penyeberangan kendaraan bermotor ke Sumatera melalui Pelabuhan Merak. Hingga Selasa (15/10/2013) pukul 10.00 WIB, sebanyak 2.826 unit sepeda motor telah menyeberang melalui Pelabuhan Merak.

"Jumlah ini meningkat 6 kali lipat dibandingkan hari biasa yang hanya 450 unit dalam sehari,"kata Sekretaris Perusahaan ASDP, Cristine Hutabarat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/10/2013)

Cristine menjelaskan, lonjakan juga terjadi untuk para penumpang jalan kaki. Lonjakan penumpang pejalan kaki dalam 24 jam tercatat sebanyak 10.425 orang.

"Jumlah ini juga tidak kalah luar biasa dengan kenaikan sepeda motor jika dibandingkan hari biasanya. Karena hari biasa penumpang pejalan kaki hanya 3000-an orang. Artinya naik lebih dari 3 kali lipat hari biasa" katanya.

Kenaikan jumlah kendaraan mobil pribadi maupun motor pun cukup tinggi. Mobil pribadi dalam 24 jam terakhir tercatat 3.434 unit atau naik 2 kali lipat dibanding hari biasanya yang hanya mencapai 1.700 unit saja.

Kondisi terakhir pelabuhan Merak masih dipadati kendaraan truk. Sementara kendaraan pribadi masih tampak ramai mengalir.

"Karena kami masih prioritaskan kendaraan pribadi dulu, dan kami yakin besok kondisi pelabuhan sudah kembali normal. Dan kami prediksi hari selasa akan terjadi arus balik" tambah Christine.

Saat ini kondisi cuaca di sekitar pelabuhan Merak masih dalam kondisi normal dengan kecepatan angin mencapai 05 - 15 knot, dan tinggi Gelombang 0,75 - 2 meter. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.